KAUR. Selas (23/5), PeringDSC02779atan Hari Ulang tahun Kabupaten kaur ke-12 Tahun 2015 kali ini dipusatkan di Taman Bineka Kota Bintuhan dengan tema “Melalui Peringatan HUT Kaur ke-12 Mari Kita Tingkatkan Dangau Merdeka (Mandiri Ekonomi  Rakyat Desa Kaur), menuju Kaur Berperadaban”. Peringatan HUT kali ini dilaksanakan bersamaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 107 dan Hari Pendidikan Nasional.

Pengambilan Taman Bineka sebagai tempat berlangsungnya upacara peringatan dimaksudkan untuk mengenalkan Taman Bineka sebagai wahana pengembangan Budaya, Informasi, Ekonomi Kabupaten Kaur kepada seluruh peserta upacara yaitu para undangan dari Pemda Kabupaten Tetangga, Pemda Provinsi Anggota DPRD, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Tokoh pejuang pembentukan kabupaten kaur, tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, jajaran PNS Pemda Kaur dan seluruh elemen masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Kaur selaku Inspektur Upacara menyampaikan tentang tema Dangau Merdeka dimana Dangau merupakan gubuk di ladang atau sawah tempat petani beristirahat, menyimpan sementara alat pertanian, sarana produksi dan hasil pertanian. Merdeka singkatan dari Mandiri Ekonomi Rakyat Desa Kaur. Masyarakat, atau rakyat, atau petani atau nelayan harus merdeka dalam menentukan usahanya sendiri. Petani atau masyarakat mandiri/merdeka mulai dari menentukan alat dan mesin pertanian, bibit, pupuk, pestisida yang digunakan, teknik budidaya, penggunaan air irigasi, permodalan, panen, pengolahan hasil dan penjualan hasil harus merdeka dari tekanan orang lain apalagi tekanan pemilik modal. Sementara itu pembangunan mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan pemerintah indonesia sekarang ini. Pembangunan karakter tidak hanya di jajaran birokrasi pemerintah tetapi juga pada seluruh komponen masyarakat. pembangunan karakter yang disebut dengan “revolusi mental” tersebut diharapakan akan menghasilkan sumberdaya manusia indonesia yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, kerja keras dan taat aturan, sehingga nantinya dengan mental dan karakter yang baik masyarakat bisa Merdeka seutuhnya.

Selain itu Bupati Kaur juga menyampaikan tentang pembangunan- pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di kabupaten Kaur, salah satunya adalah upaya yang telah dilakukan bagi tumbuh dan berkembangnya peradaban dengan membangun Masjid Agung Al-Kahfi yang berakronim Kkaur Hijrah Fisabilillah di ibukota bintuhan sebagai pengembangan mental dan spritual. Diharapkan Masjid Agung ini sebagai gua perenungan untuk bekerja membangun Kabupaten Kaur menuju lebih baik sehingga tercapai tujuan dan cita-cita kabupaten Kaur yang Sejahtera.

Dalam peringatan kali ini juga diadakan hiburan dan perlombaan antara lain panjat pinang, lomba batu akik, lomba cipta masakan berbahan mocaf dan aneka kegiatan lainnya. Selain itu pada peringatan HUT kali ini ada keunikan yaitu seluruh peserta upacara menggunakan pakaian ala petani seperti memakai topi caping yang disesuaikan dengan tema peringatan kali ini. Sumber: http://bappeda.kaurkab.go.id)