HusniBENGKULU, PB – Setelah tiga tahun berpuasa menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pemerintah Kota Bengkulu mulai merasakan adanya kebutuhan untuk melakukan rekruitmen. Bukanya hanya untuk menggantikan PNS yang pensiun, kebutuhan CPNS baru juga diperlukan untuk mensukseskan program-program Pemerintah Kota Bengkulu.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bengkulu, M Husni, kepada Pedoman Bengkulu. Katanya, usulan penerimaan CPNS baru ini sebenarnya telah ia sampaikan sejak tahun 2014 yang lalu.

“Kemungkinan akan usulkan lagi penambahan. Karena berdasarkan catatan yang kita miliki, tahun ini saja sudah ada lebih dari 60 pegawai yang pensiun. Ini semua butuh pengganti agar seluruh program-program yang telah kita susun dapat berjalan dengan baik,” kata Husni, Selasa (10/11/2105).

Ia menjelaskan, sejak tahun 2013 silam, pihaknya telah menginventarisasi kebutuhan PNS di seluruh instansi yang ada di Pemerintah Kota Bengkulu melalui surat edaran dan pemberitahuan-pemberitahuan resmi.

“Hasilnya sudah kita ajukan menggunakan e-Formasi ke Badan Kepegawaian Nasional. Sebagian besar yang kita butuhkan adalah guru dan tenaga kesehatan. Saat ini kita menunggu jawaban sambil menunggu hasil verifikasi atas pengajuan yang kita sampaikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon, mengungkapkan, Pemerintah Kota masih menunggu kebijakan yang pasti dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI mengenai penerimaan CPNS baru ini.

Ia menuturkan, bilamana pemerintah pusat memperkenankan, maka Pemerintah Kota akan membuka CPNS tersebut. Namun bila tidak, Pemerintah Kota tetap akan melakukan upaya-upaya lain agar program-programnya tetap dapat berjalan dengan baik. [RN]