Published On: Ming, Des 20th, 2015

Manfaat Kesehatan dari Kunyit Asam

Tips-miliki-tubuh-langsing-dengan-ramuan-Kunyit-AsemSejak dulu ramuan kunyit asam dipercaya secara turun-temurun mengatasi berbagai keluhan kaum perempuan. Selain diyakini bisa menjaga badan tetap langsing, kunyit asam juga dipercaya memperlancar siklus haid.

Kombinasi antara kunyit dengan asam jawa belakangan diketahui memiliki kandungan anti oksidant yang tinggi dan kaya akan senyawa aktif yang mampu melindungi tubuh dari mutasi sel penyebab kanker.

Apa saja manfaatnya?

Mengatasi kepikunan

Kunyit diyakini berkhasiat untuk memperbaiki fungsi kognitif dan memperlambat terjadinya kepikunan.

Meperlancar metabolisme tubuh

Secara ilmiah mulai terungkap bahwa kunyit memiliki kemampuan mendorong hati supaya lebih menghasilkan empedu pemecah lemak, dan asam jawa mampu memacu denyut jantung agar peredaran darah menjadi lancar, dan oksigen (O2) segar mudah mengalir ke dalam tubuh.

Mengobati luka lambung

Kandungan dari jamu kunyit asam itu sendiri ialah terdapat zat kurkumin yang sangat tinggi,Kandungan kurkumin (warna kuning pada kunyit) efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung.

Membuang racun (detoksifikasi)

Detoksifikasi atau proses pengeluaran racun dari dalam tubuh merupakan manfaat utama dari minum kunyit asam. Jadi tak hanya segar, namun juga tubuh menjadi lebih bersih dengan konsumsi secara rutin.

Melangsingkan badan

Minuman ini baik dikonsumsi bagi orang yang ingin menekan nafsu makan untuk mengontrol berat badan. Diet enak tanpa susah minum obat mahal, ya pakai kunyit asam saja.

Mengobati infeksi tenggorokan

Kunyit memiliki manfaat anti-bakteri yang menjauhkan Anda dari berbagai macam infeksi, termasuk infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri.

Antiradang 

Sifat unggulan lain dari kunyit asam adalah antiinflamasi. kandungan minyak asirinya berkhasiat sebagai antiinflamasi. Jadi dikonsumsi minuman ini, maka keluhan nyeri otot dan sendi juga pegal linu akan dapat teratasi.

Memutihkan kulit

Warna kulit pun akan lebih cerah jika Anda rutin minum jamu ini. Efek bersihnya kulit didapat setelah proses detoksifikasi berjalan baik dan lancar. Demikian juga jika Anda punya bekas luka bakar di permukaan kulit, maka secara perlahan ia akan hilang menipis

Mencegah kanker

Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa kurkumin memiliki efek antikanker terhadap kanker usus, kanker kulit, dan kanker payudara. Mekanisme penghambatan sel-sel kanker antara lain dengan berbagai cara, termasuk karena aktivitas antioksidan, antiangiogenesis (mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru) hingga pengaruh langsung terhadap sel-sel kanker.

Cara membuatnya

Sesuai dengan namanya jamu yang satu ini memiliki bahan utama berupa rimpang/akar kunyit dan buah asam. Biasanya juga dtambah dengan daun sirom (daun asam jawa) yang masih muda. Berikut cara pembuatannya:

Bahan: 1/2 Kg Kunyit, 1/4 Gula Jawa, 1/2 Kg Asam Jawa, 2 liter Air, sepucuk sendok teh Garam

  • Bersihkan kunyit lalu diparut atau blender. Kemudian kunyit yang telah halus di saring dan diambil sari/airnya.
  • Rebus air perasan kunyit dengan menambahkan asam, gula dan garam sampai campuran benar-benar mendidih (sambil di aduk-aduk).
  • Bila telah mendidih, angkat dan dinginkan.
  • Jamu kunyit asem siap untuk diminum, bisa juga ditambahkan es batu.

Minuman tradisional ini sangat bermanfaat bagi tubuh anda baik bagi pria dan wanita jika terus dikonsumsi setiap harinya. [RPHS] *Diolah dari berbagai sumber

11 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Like

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>