nasi uduk nasi uduk 3 nasi uduk 2

Dunia kuliner yang sedang tumbuh pesat menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Dengan modal kecil bisa untung besar. Namun usaha kuliner mempunyai banyak saingan. Variasi makanan dengan nama yang unik, dan pelayanan yang mobile bakal membawa kesuksesan. Usaha kuliner inilah yang sedang ditempuh Ummi Mardiah.

Ummi Mardiah adalah warga Rawa Makmur, Kota Bengkulu yang mencoba menekuni usaha kuliner yang unik dan kreatif itu. Ia mencoba menunangkan kreatifitas kulinernya dalam sajian paganan “Nasi Uduk Pelangi”. Keunikan nasi uduknya yang kaya rasa, kaya warna, dan sajian yang menarik menjadi ciri khas usaha kulinernya.

Bagi para traveler, atau juga penikmat kuliner di Bengkulu mesti mencoba sajian kuliner Nasi Uduk Pelangi, yang pertama dan satu-satunya di Bengkulu. Selain warnanya yang beragam seperti warna ungu, orange dan hijau, harga satu porsi Nasi Uduk Pelangi juga terbilang bersahabat dengan kantong anda.

Ummi Mardiah mengatakan awal mula terpikir untuk menyajikannya Nasi Uduk Pelangi ini terinspirasi dari beragam informasi kuliner yang ada di media sosial.

“Inspirasinya dari media sosial, saya liat ada orang yang berjualan nasi kuning dan saya berfikir kalau nasi warna kuning sudah biasa, warna putih juga sudah biasa, tapi kalau nasi uduk yang berwarna warni akan membuat orang penasaran, untuk itulah saya coba buat dan sajikan,” katanya kepada Pedoman Bengkulu, Sabtu (09/01/2016).

Menariknya, usaha nasi yang kaya warna ini diracik Ummi tanpa pewarna buatan, semua warna paganannya diambil dan dibuat secara alami dari sari warna buah-buahan.

“Semua bahan yang kami pakai alami tanpa ada pewarna buatan. Jadi pada saat pembuatannya kami campur dengan sari-sari sayuran seperti kalau warna orange kita ambil dari sari wortel, kalau warna ungu kita ambil dari sari ubi ungu,” terangnya.

Keterbatasan modal bukan jadi penghambat bagi usaha kreatif kuliner Jajang. Sebaliknya ia menjalankan usaha kuliner mobile. Nasi Uduk Pelangi buatan Jajang akan diantar langsung ke tempat anda. Selain pesanan via telpon, Ummi memanfaatkan media sosial seperti facebook untuk mempromosikan usahanya.

“Karena keterbatasan modal, kami tidak membuka kedai khusus, tapi metode yang saya pakai adalah dengan antar langsung ke alamat pemesan, kami melakukan promosi lewat facebook dan media sosial lainnya. Setiap hari bisa habis sekitar 20-30 porsi dan kebanyakan yang pesan dari kalangan mahasiswa dan pengusaha,” katanya.

Walau usaha Nasi Uduk Pelangi ini tergolong baru, ia sudah mendapatkan respon positif dari konsumen dan masyarakat umum. Selain menjual nasi uduk warna, Ummi juga menjual beragam varian kuliner yang mesti dicoba penikmat kuliner di Bengkulu, seperti Sate Jamur, Bir Pletok, Bir Pletok Milkshake, Es Krim dan Sop Kerja dengan harga yang cukup ekonomis Rp. 15.000.

Usaha kuliner Nasi Uduk Pelangi milik Ummi ini bisa menambah daftar kuliner unik dan menarik di Bengkulu. Ingin Coba tentunya? Berikut daftar harga dan info pemesanannya:

  • Sate Jamur + nasi uduk warna Rp. 15000 (Bonus Es Krim)
  • Ayam Bakar + nasi uduk warna Rp. 15.000 (Bonus Es Krim)
  • Bir Pletok Rp. 5000
  • Bir Pletok Milkshake Rp. 7000

Minimal order disesuaikan dengan alamat pemesanan: 085273781089. [WB]