senamBENGKULU, PB – Apa yang andah ketahui  tentang senam? Senam bagi  sebagian orang  adalah  suatu hal yang membuang–buang waktu dan melelahkan. Di pagi hari banyak orang yang sibuk berangkat kerja dan bagi remaja lebih suka mencari hiburan dari pada mengikuti kegitan senam pagi. Padahal, banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan senam.

Di Puskesmas Beringin Raya, Kota Bengkulu, kegiatan Senam Prolanis sudah menjadi rutinitas setiap minggunya. Senam pagi sudah menjadi bagian dari pola hidup sehat para tenaga perwat itu. “Tiap Jumat pagi kami melakukan senam di depan halaman kantor,” ucap perwat Armainis.

Bagi Arminis, senam sangat bermanfaat buat kesehatan fisik dan kesehatan rohani, terutama mencegah penyakit hipertensi, diabetes dan penyakit kronis lainya. Terlebih lagi Senam Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis ini sangat baik bagi penderita.

Penyakit kronis sangat tidak baik bagi kesehatan selain karena tidak dapat disembuhkan lewat prosedur operasi biasa, penyakit kronis penyakit tersebut juga dapat diderita dalam waktu yang cukup lama. “Bahkan efek sakit kronis pun buruk bagi pola hidup dan makanan,” tambahnya.

Kegiatan Senam Prolanis dapat menjadi salah satu kegiatan kesehatan bagi komunitas masyarakat tertentu. Puskesmas tidak hanya berfungsi menerima keluhan kesehatan warga tetapi juga yang terpenting Puskesmas dapat menjadi fasilitas kesehatan komunitas dan pegawai Puskesmas.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Puskesmas, dan kami dapat terus meningkatkan kualitas layanan disini,” imbuhnya.

Senam Sehat Prolanis sangat disenangi oleh perawat Puskesmas tersebut. Bahkan terkadang warga juga mengikuti kegiatan senam Prolani ini, karena dengan senam ini dapat meningkatkan kualitas hidup.

“Ini ajakn untuk hidup sehat. Meski saya tidak terkena penyakit kronis tetapi Senam Prolanis ini baik bagi tubuh kita untuk mencegah jangan sampai kita terkena sakit kronis. Kami (warga) tentu berterimakasih kepada pihak Puskesman disini karena ini berguna buat kita,” kata Hesti warga Kelurahan Rawa Makmur tersebut.

Mengikuti senam berarti anda syaang dengan tumbuh anda, sambung Hesti. Ia berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat. “Luangkan waktu untuk senam pagi terutama di kantor-kantor yang ada di kota Bengkulu untuk dapat menentukan hari rutin Senam Prolanis pagi hari di kantor atau instansi Kota Bengkulu,” harapnya. [Yayuk Intan]