Lizar Alfansi Dekan FE UNIBBENGKULU, PB – Dalam dua tahun pertama, gubernur Bengkulu serta para bupati disarankan untuk fokus membangun infrastruktur. Pasalnya, pembangunan infrastruktur dinilai sebagai syarat mutlak untuk mengeluarkan Provinsi Bengkulu dari daerah terbelakang.

Baca juga: Kemiskinan Bengkulu Naik dan 19 Ribu Rakyat Bengkulu Nganggur serta Dua Sebab Perlambatan Ekonomi di Bengkulu

“Pada saat kampanye dan debat kandidat ada banyak gagasan yang direncanakan untuk Provinsi Bengkulu. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur. Janji ini hendaknya segera dapat di laksanakan,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu (UNIB) Prof Lizar Alfansi ditemui di ruangannya, Rabu (17/2/2016).

Ia menjelaskan, pengembangan infrastruktur yang ada di Bengkulu dapat berimbas pada kemajuan perekonomian. Ia menegaskan, infrastruktur di Provinsi Bengkulu merupakan yang terburuk di Sumatera.

“Semua infrastruktur kita perlu perbaikan dan peremajaan. Kalau tidak, kita sulit untuk membangun dan investor tidak akan tertarik untuk masuk dan memajukan Bengkulu. Kalau sudah begitu, lapangan kerja pasti sempit,” ungkapnya.

Prof Lizar meyakini, gubernur Bengkulu serta para bupati telah memetakan berbagai sarana infrastruktur seperti transportasi, pelabuhan, irigasi dan jalan-jalan yang memerlukan perbaikan dan peningkatan kualitas.

“Hanya dengan cara perbaikan infrastruktur inilah provinsi kita ini bisa keluar dari daerah berlabel terbelakang. Dalam banyak bidang, posisi kita di banding daerah lain berada di posisi yang jelek. Baik infrastruktur, pelayan publik, iklim investasi dan yang lain. Ini tugas berat untuk para kepala daerah terpilih,” ucapnya.

Yang tak kalah penting, tambah Prof Lizar, ekonomi kreatif harus digalakkan. Sektor lain yang harus dicermati menurutnya adalah menggarap sektor jasa secara serius, termasuk potensi laut yang selama ini belum terkelola secara optimal.

Baca juga: Didebat Kandidat, RM Tekankan Pendidikan dan Pembangunan Maritim dan Hadapi Globalisasi, Sultan Andalkan 1 Strategi dan Ridwan 3 Strategi serta Ridwan Jamin Investor Aman, Sultan Jaga Kekayaan Bengkulu Tidak Keluar

“Laut Bengkulu memiliki potensi yang luar biasa. Pembangunan sektor ini bisa mendongkrak pendapatan daerah secara signifikan. Pelabuhan kita layak untuk menjadi alternatif pengangkutan hasil-hasil bumi di Sumatera,” demikian Prof Lizar. [Zefpron Saputra]