Kapolda Bengkulu Brigjend Pol M GhufronBENGKULU, PB – Kapolda Bengkulu Brigjen Pol M Ghufron mengatakan Bengkulu memiliki lahan yang sangat subur untuk ditamani ganja. Bahkan, ganja-ganja yang dihasilkan oleh bumi raflesia ini bisa dibilang memiliki kualitas terbaik dibandingkan tanaman sejenis dari daerah lain.

“Tingginya (ganja Bengkulu) bisa mencapai 1,5 meter saking subur tanahnya. Dari bawah sampai atas tidak ada daun kering, sangat hijau,” kata Kapolda dalam coffee morning bersama Ombudsman RI, Senin (14/3/2016).

Dengan fakta ini, ia berjanji kepolisian akan makin menggiatkan pemberantasan tumbuhan yang masuk dalam narkotika golongan I tersebut. Pasalnya, apabila tindak penyalahgunaan narkoba ini bisa dihapuskan dari Bengkulu, Ghufron yakin Bengkulu bisa maju menyaingi daerah-daerah lainnya.

Dia menilai hal yang paling penting untuk dilakukan terkait ganja ini adalah mengubah mindset masyarakat yang ingin cepat kaya. Misalya, mindset anak perkebunan yang masih belum terbangun untuk memiliki pendidikan yang layak.

“Sewaktu saya tugas di Aceh, ada petani ganja yang tidak mau mengganti tanamannya dengan jagung. Dia bilang, hasilnya 1 kilogram cuma Rp 5 ribu, mending saya tanam ganja,” ucap Ghufron.

Baca juga: Cek Narkoba, Pejabat Eselon II Tes Urine

Karena itu, ia berharap Gubernur Ridwan Mukti harus mengubah mindset tersebut dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia Bengkulu. Karena tanpa daya saing yang tinggi, provinsi ini dipastikan kalah dengan daerah lainnya. Hal ini lantaran Bengkulu bukanlah daerah lintasan atau daerah singgah.

“Pemerintah harus gencar melakukan promosi agar investor bisa masuk, sehingga Bengkulu bisa meningkatkan kesejahteraan rakyatnya,” pungkasnya. [IC]