SofyanBENGKULU, PB – Menginjak tahun ketiga kepemimpinannya, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan telah merencanakan untuk mengalokasikan anggaran yang besar untuk aparatur pemerintahannya. Alokasi anggaran yang besar itu ditujukan untuk meningkatkan pelayanan publik.

Baca juga : Ribuan Kendaraan Dinas Diperiksa dan Dilelang, Sebagian untuk Pelayanan

Salah satu yang digagas Helmi adalah pemberian mobil dinas untuk seluruh Kepala Lurah se Kota Bengkulu. Namun gagasan itu hanya akan terealisasi bila dalam tiga bulan ini, Kepala-kepala Lurah se Kota Bengkulu mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam melayani publik.

“Kalau dalam tiga bulan ini kinerja Kepala-kepala Lurah justru payah dan menurun, Wali Kota memastikan usulan pengadaan mobil itu dibatalkan. Kepuasan publik terhadap pelayanan di kelurahan selama delapan bulan ini menjadi barometer utama jadi atau tidaknya kebijakan pengadaan mobil dinas untuk lurah,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Bengkulu, M Sofyan, Rabu (6/4/2016).

Pun bilamana program ini terealisasi, lanjutnya, mobil dinas untuk Kepala-kepala Lurah itu tidak diperkenankan digunakan untuk tujuan-tujuan yang tidak jelas. Wali Kota, tegas Sofyan, berharap, adanya mobil dinas di kelurahan bisa membuat Kepala-kepala Lurah bisa lebih peka terhadap kondisi dan keadaan masyarakat.

“Mobil itu nanti bukan untuk dipakai jalan-jalan atau plesiran. Prioritasnya harus untuk pelayanan publik. Misal ada warga kita yang sakit parah dan harus segera mendapatkan pertolongan medis, mobil dinas Kepala Lurah harus bisa dipakai untuk membawanya ke rumah sakit dengan cepat dan sigap,” tukasnya.

Saat ini, tambah Sofyan, pengadaan mobil dinas diberikan kepada sembilan Kepala Camat se Kota Bengkulu. Jenis mobil yang diberikan kepada Kepala Camat adalah Toyota Avanza dengan anggaran sekisar Rp 1,8 miliar. Sementara bila publik telah merasakan kepuasan pelayanan di kelurahan, maka anggaran mobil untuk Kepala Lurah itu diusulkan dalam APBD Perubahan.

“Untuk Kepala-kepala Camat dalam waktu dekat akan dibagikan. Pengadaannya menggunakan sistem e-katalog dari pusat langsung. Kendaraan Kepala-kepala Camat yang sekarang sudah layak untuk diganti. Jenis mobil untuk Kepala-kepala Lurah mungkin sama Toyota Avanza, tapi tipenya lebih rendah,” demikian Sofyan. [BIS/RN]