363b7aac7b44406bb51058d196358b46BENGKULU TENGAH, PB – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Benteng agaknya jenuh dengan minimnya pengunjung di kantor yang sudah berdiri 8 tahun itu. Untuk itu, pihak pengelola kini menghadirkan internet gratis hasil kerjasama dengan salah satu perusahaan minuman soda ternama di negeri ini.

Baca juga: IMMB Dukung Ferry Pimpin Benteng Periode ke 2

“Baru sebulan jalan. Memang tadinya hanya 100 pengunjung. Kini lumayan nambah 180-an pengunjung. Kami kerjasama dengan perusahaan minuman soda ternama pasang fasilitas internet gratis untuk pengunjung,” kata Dian Purnama Sari, Kasi Pelayanan Perpusda Benteng, Selasa (05/04/2016).

Diakuinya bila internet gratis itu ditujukan untuk menggaet lebih banyak pengunjung yang jarang menyambangi ‘komunitas baca’. Dengan adanya fasilitas itu diharapkan pengunjung dan pembaca di perpustakaan bakal meningkat. “Kami mengakui bila minat baca di Benteng masih kurang khususnya di perpustakaan milik pemerintah,” aku Dian.

Terhadap invonasi ini Dian menjelaskan bilamana jumlah peminat internet gratis di perpus kian melonjak, pihaknya akan menerapkan sistem berbayar. Saat ini, fasilitas itu masih dinikmati secara gratis. “Ke depannya jika peminatnya banyak akan dikomersilkan, tapi sekarang masih gratis. Unitnya juga baru ada 4. Itu kalau penuh bergantian,” tambah dia.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Arsip, Ari Eriyanto mengaku pihaknya masih kekurangan dana untuk pengelolaan arsip. Dimana untuk kegiatan anggaran yang diajukan sering ditolak dan dipangkas. Sehingga untuk keperluan perbaikan pengelolan arsip menjadi terhenti.

“Kami masih terkendala dana perbaikan. Anggaran untuk pengelolaan arsip minim. Sejak 8 tahun kondisinya masih seperti ini saja. Pengawetan arsip masih pola lama, ya pakai obat konvensional,” tuturnya.

Diketahui, arsip pemerintah yang tersimpan di Kantor arsip mencapai 10 ribuan terdiri dari dokumen, rekaman bentuk CD, serta foto. (Dedy Irawan)