mutasiBENGKULU SELATAN, PB – Masih terkait dengan kisruh mutasi guru dan Kepala Sekolah (Kepsek) di Bengkulu Selatan pada Sabtu (26/3/16) lalu, hari ini (5/4/16) Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Selatan melakukan hearing (dengar pendapat) dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) BS.

Baca juga: Kecolongan, Bupati Akui Mutasi Kepsek dan Guru Ada yang Keliru

Dalam kesemapatan itu, Plt Kepala BKD BS Minarman mengakui bahwa dalam mutasi tersebut terdapat berbagai kekeliruan. Termasuk juga mengakui kalau mutasi kemarin juga masih terdapat guru yang sudah pensiun, tapi masih masuk dalam daftar mutasi

“Kami menyadari mutasi ada kekeliruan. Dan kedepan kami akan melakukan secara hati-hati tentang mutasi. Ini suatu pelajaran bagi kami,” kata Minarman.

Sementara itu, Ketua DPRD BS Yevri Sudianto yang sekaligus memimpin jalannya hearing mengatakan akan memanggil Bupati dan Wakil Bupati BS yakni Dirwan Mahmud dan Gusnan Mulyadi terkait dengan permasalahan mutasi ini. Hal tersebut bertujuan untuk meminta keterangan terkait dengan mutasi.

“Minggu lalu kami sudah memanggil Kadis Dikpora, hari ini giliran Kepala BKD. Nanti saudara Bupati dan Wakil Bupati akan kita panggil juga secara kelembagaan. Jadwalnya nanti akan dibahas,” turur Yevri Sudianto.

Sementara itu, Ketua Komisi III Faizal Mardianto meminta kepada pihak eksekutif untuk melakukan evaluasi mutasi kepala sekolah mulai dari TK hingga SMA ini. Dia meminta, setelah pelaksanaan Ujian Nasional (UN) supaya segera dievaluasi.

“Terkait dengan temuan dewan,banyak Kepsek yang tidak memenuhi syarat seperti sertifikat Cakep, maka kami minta untuk segera dilakukan evaluasi. Namun evaluasi tersebut sebaiknya setelah pelaksanaan UN, tujuannya agar tidak mengganngu UN,” pinta Faizal Mardianto. (Apdian Utama)