Milad UKM_KI (8) BENGKULU, PB – Peringatan Milad ke 5 Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKM-KI) Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu diisi dengan kegiatan ceramah dengan tema ‘Teruslah Berusaha untuk Istiqomah, Semangat dan Profesional’.

Cermah yang diisi Ustad Adi Sucipto di Mushala Al Baraqah Universitas Dehasen Sawah Lebar Bengkulu tersebut dihadiri oleh anggota UKM-KI Unived serta tamu organisasi intra kampus dan mahasiswa. Ia mengatakan istiqomah adalah kunci pembuka kemuliaan.

Lanjutnya, bahkan sebagian ulama menempatkan istiqomah pada tingkatan puncak dari tangga pendakian seorang hamba menuju kesempurnaan makrifat, kebeningan hati dan kemurnian akidah. Allah SWT berfirman, ‘istiqomah lah kamu sebagaimana engkau telah diperintahkan’ (QS Hud [11]:112).

Kata istiqomah berarti lurus, teguh dan konsisten. Istikomah seringkali diidentikkan dengan keberlangsungan (kontinyuitas) sebuah amal. Al Qurthubi menyatakan bahwa konsep istikomah tidak sesederhana seperti yang sering dipahami selama ini.

“Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqafi berkata, ‘Wahai Rasulullah SAW, katakanlah suatu perkataan kepadaku tentang Islam, sehingga aku tidak perlu lagi bertanya kepada siapapun selain engkau’. Beliau bersabda, katakan aku beriman kepada Allah SWT, lalu istiqomahlah’ (HR Ahmad),” kutipnya.

Istiqomah adalah bersikap konsisten terhadap pengakuan iman dan Islam, serta dengan tulus mengabdikan diri kepada Allah SWT untuk mengharapkan ridha-Nya di dunia dan akhirat.

“Dalam beristikamah dua hal pokok yang harus dipenuhi yakni beriman kepada Allah SWT dan mengikuti risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW, baik secara lahir maupun batin. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa orang yang istiqomah adalah orang yang bisa mengaktualisasikan nilai keimanan, keislaman, dan keihsanan dalam dirinya secara total,” ungkapnya.

Ia pun mengingatkan bila ada 5 hal yang jadi penghalang istiqomah, yakni, iblis, teman yang jelek, hawa nafsu, fitnah (cobaan), serta tidak sabar.

“Seperti dikatakan Ibnu Katsir dalam menjelaskan ayat istiqomah (QS Hud:112) ini, bahwa istikomah merupakan media yang paling baik untuk mendapatkan pertolongan Allah SWT dalam menghadapi berbagai kesulitan duniawi. Walaupun untuk bisa mencapai tingkatan istiqomah itu terasa amat sulit, namun kita harus tetap berusaha dan ber-munajah semampu kita,” tutupnya. [Zefpron]

Milad UKM_KI (3) Milad UKM_KI (2)