FOTO-SISWA-_1BENGKULU SELATAN, PB – Mulai Senin (4/4/16) pelajar SMA sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Dalam menghadapi UN itu, berbagai upaya dilakukan oleh sekolah dan siswa. Disamping kesiapan materi untuk menjawab soal, kesiapan mental siswa juga menjadi fokus persiapan.

Baca juga: Bengkulu Siap Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Kawal Soal UN, Polres Sebar Polisi Pakaian Preman

SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan mempunyai cara tersendiri untuk mempersiapkan mental siswa. Yakni dengan melakukan kegiatan zikir dan doa bersama yang dihelat di halaman sekolah tersebut, kemarin (1/4/16).

Kepala SMAN 1 BS Muhardin, mengatakan kegiatan tersebut diikuti oeh 214 orang peserta UN. Acara tersebut diisi dengan tausyiah, zikir, dan doa yang dipimpin oleh Ustad Sahabudin Alkeledar.

“Usaha dan persiapan seperti les, try out, dan penajaman materi menghadapi UN sudah. Makanya usaha itu juga kita imbangi dengan Zikir dan doa. Kita sama-sama berharap semoga UN nanti bisa berjalan sesuai dengan rencana dan terhindar dari bencana,” ujar Kepala SMAN 1 BS saat dihubungi melalui Handphonenya.

Sebagai salah satu yang sekolah yang menggelar ujian nasional dengan berbasis komputer, lanjut Muhardin, pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN untuk mengupayakan agar tidak ada kendala teknis dengan listrik.

“Untuk menghindari kekurangan daya atau juga menghindari tegangan rendah, kami sudah menghubungi PLN untuk menggunakan sistem Viesta. Dengan ini nanti tidak akan ada kendala dengan daya selama pelaksanaan UNBK. Secara umum persiapan di SMAN 1 sudah tidak ada kendala, harapan kita semoga tidak ada kendala dengan hal teknis seperti gangguan server di sekolah maupun server dari pusat,” harapnya. (Apdian Utama)