Helmi Hasan Asmara SubuhBENGKULU, PB – Setelah sempat jeda beberapa tahun, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan kembali melakoni kegiatan Asmara Subuh (Aspirasi Masyarakat Waktu Subuh) di Masjid Al-Furqon RT 5 RW 1 Kelurahan Kebun Dahri, Jum’at (22/4/2016).

Baca juga : Sukseskan Revolusi Mental Delapan Tekad Bengkuluku

Seperti sebelum-sebelumnya, pada Asmara Subuh ini, Helmi juga melibatkan seluruh pejabat di jajaran birokrasinya. Usai melaksanakan shalat subuh berjamaah, Wali Kota yang khas dengan jenggotnya ini mendengarkan ceramah singkat dan sarapan lontong Padang bersama warga.

“Ada sebuah persoalan besar kalau masjid kita sepi. Bisa kita lihat ada anak-anak kita yang shalat di Simpang Lima. Bukan anak STM, tapi anak MTS Negeri. Shalatnya bagus tapi tempatnya yang tidak bagus. Tidak pakai baju dan sambil merokok. Saya risau mendengar ini karena saya yang paling bertanggungjawab. Bagi saya ini teguran Allah. Ini mungkin adalah pesan ketika masjid kita mulai sepi,” kata Helmi mengawali sambutannya.

Helmi berharap, seyogyanya sebuah masjid tidak hanya makmur karena fisiknya baik. Bagi dia, kemakmuran masjid terutama seharusnya diukur dari banyaknya kegiatan keagamaan di dalamnya. Bukan hanya mengisinya dengan kegiatan yang bersifat ritual, namun Helmi juga mendorong agar masjid berfungsi sosial.

“Disini ada hampir semua Kepala-kepala Dinas. Sengaja kita minta hadir agar bisa langsung merespon semua persoalan-persoalan warga. Ketika aspirasi itu disampaikan, SKPD-SKPD harus memprioritaskan untuk menyelesaikannya. Kalau ada jalan rusak mislanya, drainase, syukur-syukur usai shalat langsung bisa kita tinjau bersama-sama ke lokasi langsung,” paparnya.

Helmi berharap, bilamana pun ada perselisihan di antara pemerintah dan rakyatnya, dapat diselesaikan dengan cara dialog santun dan musyawarah mufakat di masjid-masjid atau tempat-tempat ibadah lainnya.

“Agar tidak salah paham, kumpullah di masjid. Karena sesungguhnya kita semuanya adalah bersaudara. Momentum ini bisa menjadi begitu pas untuk mempererat rasa persaudaraan dan persatuan di antara kita semua. Apalagi bulan ramadhan sebentar lagi akan tiba,” demikian Helmi.

Setelah Helmi menyampaikan sambutan, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bengkulu periode jabatan 2015-2019 Shobari menyampaikan ceramah singkat dan menutup kegiatan tersebut dengan doa. Usai sarapan bersama, sejumlah warga menyempatkan diri untuk bercengkrama dengan Wali Kota serta sejumlah perangkatnya. [Anang Nuril Huda]

Helmi Hasan Asmara Subuh Helmi Hasan Asmara Subuh II Helmi Hasan Asmara Subuh III Helmi Hasan Asmara Subuh IV