Bengkulu Selatan (1)BENGKULU SELATAN, PB – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan akan memberikan perhatian serius terhadap kesejahteraan pengurus Masjid. Salah satu yang akan diprogramkannya yaitu peningkatan gaji atau honor pengurus Masjid mencapai Rp 500 ribu per bulan. Yang mana, selama ini pengurus masjid baik Imam, Khatib, Bilal dan Gharim hanya dibayar sekitar Rp 80 sampai Rp 100 Ribu per bulan.

Baca jugaPemerintah Kota Salurkan Honor Pemakmur Masjid

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud pada acara Pembekalan Imam dan Khatib Se Kabupaten Bengkulu Selatan, Senin (23/5/16) di Gedung Reptaloka Komplek Kantor Bupati.

“Pengurus Masjid seperti Imam dan Khatib selama ini ada yang digaji Rp 80 Ribu sampai Rp 100 Ribu. Ini sangat bertentangan dengan hati nurani, khususnya hati nurani saya. Nanti pada saat penganggaran akan kita usulkan gaji Imam, Khatib dan pengurus Masjid di Bengkulu Selatan ini minimal Rp 500 Ribu per bulan,” seru Bupati disambut gemuruh tepuk dari ratusan Imam dan Khatib.

Untuk merealisasikan hal itu, Pemda Kabupaten Bengkulu Selatan akan mensinkronkan program itu kepada seluruh Kepala Desa (Kades). Karena menurutnya, peningkatan gaji atau honorer pengurus Masjid itu bisa dianggarkan melalui Dana Desa/Alokasi Dana Desa (DD/ADD).

“Pembangunan itu bukan hanya fisik semata. Tetapi non fisik seperti mental, spiritual dan akhlak juga harus dibangun. Pengurus Masjid, Imam dan Khatib ini sangat berperan dalam membina akhlak umat dan masyarakat,” imbuh Bupati.

Dirwan juga mengimbau kepada pengurus Masjid untuk proaktif menyebarkan syiar ke masyarakat agar memakmurkan Masjid. “Masjid adalah rumah Allah. Siapa yang memakmurkan rumah Allah, dia akan mendapat pertolongan dan kasih sayang dari Allah. Memakmurkan masjid itu pahala di sisi Allah luar biasa,” sampai Bupati. (Apdian Utama)

Bengkulu Selatan (2) Bengkulu Selatan (3)