Bengkulu Surabaya (5)Bengkulu Surabaya (1)SURABAYA, PB – Setelah Islamic Development Bank (IDB) memberikan apresiasi kepada Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan atas upaya pembangunan usaha mikro (Samisake-red), kini berbagai upaya kerjasama antar daerah semakin diintensifkan. Hari ini, Selasa 31/05/2016) Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemerintah Kota Surabaya membuat kerjasama dalam memajukan 5 bidang pembangunan daerah.

Di Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya Ke 723, Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan membuat Nota Kesepakatan Bersama (Memorandum of Understanding/MoU) untuk pempercepatan pembangunan dan kemajuan daerah masing-masing. Baca jugaSamisake Mempesona IDB 

Nota Kesepakatan Bersama ditujukan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat ini digelar di Lantai 2 Balai Kota Surabaya, Jalan Taman Surya Surabaya.

“Obyek dan ruang lingkup kerjasama dalam Nota Kesepakatan Bersama ini meliputi bidang Teknologi Informasi, Perdagangan dan Perindustrian, Kebudayaan dan Pariwisata, Pertanian, Kelautan dan Perikanan, serta bidang-bidang lain yang dipandang perlu,” terang Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan dihadapan awak media.

Kerjasama lintas perkotaan ini, lanjutnya, diharapkan kedua kota semakin berkembang pesat dalam berbagai bidang, sehingga tidak hanya meningkatkan kualitas pemerintahan dan pembangunan yang ada tetapi juga berdampak kepada kemajuan masyarakat yang ada di Kota Bengkulu maupun Kota Surabaya.

Dalam acara tersebut, turut mewakili Pemerintah Kota Bengkulu, Kadisparekraf Kota Bengkulu Tony Elfian dan Kabag Kerjasama Daerah Setda Kota Bengkulu Eka Rika Rino.

Kota Bengkulu yang telah memiliki program terobosan dan memperoleh penghargaan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, lingkungan, kesehatan, pembangunan infrastruktur tersebut cukup diperhitungkan. Sementara itu, Kota Surabaya yang mendapat predikat terbaik dalam pelayanan perizinan dan perlindungan hak publik menjadi contoh berbagai daerah. Baca juga: Wali Kota Bengkulu Presentasikan Sukses Samisake di Hadapan 165 Negara

Karena itu, penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama tersebut juga diikuti oleh 17 kota dan kabupaten lainnya, yakni Pemerintah Kota Surabaya ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Kota Pekanbaru, Pemerintah Kota Solok, Pemerintah Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Rembang, Pemerintah Kota Mojokerto, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Samarinda, Pemerintah Kota Singkawang. Pemerintah Kabupaten Lamandau, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, Pemerintah Kabupaten Ngada, Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Pemerintah Kota Tual dan Pemerintah Kota Jayapura. (RLS/BIS)

Bengkulu Surabaya (3) Bengkulu Surabaya (4)