Gramedia Reading Community Competition 2016BENGKULU, PB – Dalam upaya meningkatkan minat dan budaya baca generasi muda Indonesia, Toko Buku Gramedia menggelar lomba esai yang bertajuk Gramedia Reading Community Competition 2016. Acara ini diadakan sejak 1 maret 2016 sampai dengan 31 mei 2016 mendatang.

Store Manager Gramedia Bengkulu, R. Chrisjatmiko, mengatakan event nasional lomba esai yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini bertujuan untuk menumbuhkan minta baca generasi muda Indonesia. Karena menurut data dari UNESCO, tingkat minat baca masyarakat Indonesia hanya ada 1 dari 1000 orang yang memiliki minat baca tinggi.

“Gramedia Reading Community Competition 2016 ini tidak hanya terbatas pada komunitas atau taman baca saja, komunitas umum yang memiliki perhatian dan aktivitas sosial dibidang pendidikan pun, dapat mengikuti kompetisi ini dan kita juga telah menyiapkan total hadiah senilai Rp 140juta,” ujar Koko, sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, tata cara pendaftaran Gramedia Reading Community Competition 2016 ini yaitu komunitas menulis esai yang berisi profil komunitas seperti latar belakang berdirinya komunitas, struktur organisasi, jumlah anggota, penyandang dana atau sumber pendanaan komunitas (jika ada), kisah inspiratif dan dokumentasi kegiatan sosial di bidang pendidikan yang dilakukan, serta melampirkan struk belanja di Toko Buku Gramedia atau struk belanja di gramedia.com miniml Rp 50ribu.

“Untuk pengumpulan formulir pendaftaran dan esai cetak dapat diserahkan langsung ke Gramedia terdekat, sedangkan formulir pendaftaran online dan soft copy dapat diisi dan dikumpulakn via website www.gramedia.com. Khusus di Provinsi Bengkulu bisa langsung mengumpulkan esai dan mengisi formulir di Toko Buku Gramedia jalan KZ Abidin II Mega Mall Lantai 2 Pasar Minggu Bengkulu,” jelasnya.

Adapun kriteria yang akan menjadi penilaian utama dalam event nasional lomba esai ini meliputi 3 (tiga) poin yaitu pertama, konsistensi kegiatan komunitas dalam upaya meningkatkan minat baca atau mencerdaskan masyarakat. Kedua, kegiatan yang dilakukan untuk mencapai poin pertama merupakan kegiatan yang inspiratif, inovatif, dan inisiatif. “Dan yang ketiga seberapa bermanfaatnya kegiatan komunitas untuk masyarakat yang ada di daerah mereka,” kata Koko.

Tak hanya mendapatkan total hadiah Rp 140 juta, komunitas yang masuk dalam tahap final akan di dokumentasikan profil dan kegiatannya, serta akan mendapatkan bantuan buku dan workshop pengembangan komunitas. Event nasional lomba esai ini akan menjaring 20 komunitas terbaik yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan rangkaian finalnya akan diselenggarakan di 5 kota yang memiliki pendaftar serta finalis terbanyak.

“Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera daftarkan komunitasmu dan mari bersama meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia,” ajak Koko. [Dhewy S.J]