100_0791BENGKULU, PB – Dalam menghadapi Ujian Nasional tingkat SD/MI sederajat, berbagai upaya dilakukan pihak kepolisian untuk melancarkan kegiatan tersebut, salah satunya pengamanan soal Ujian Sekolah (US) untuk 35.773 siswa, Senin (2/5/2016) pagi tadi.

Baca juga: Polisi Awasi Siswa Ujian Nasional di Rumah

Hal tersebut disampaikan Kepala Polisi Resort (Polres) Kota Bengkulu, AKBP Ardian Indra Nurinta saat ditemui usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Kantor Walikota Bengkulu. Ia mengatakan tugas pengamanan tersebut juga mengantisipasi adanya kecurangan pelaksanaan ujian nantinya.

“Antisipasi diawal sangatlah penting, sedangkan untuk soal Ujian Sekolah jika masih perlu di titipkan di Polres maka akan jadi prioritas keamanan. Ada ataupun tidak ada operasi dari kepolisian, Polres akan tetap manaruh anggota ke sekolah-sekolah yang menjadi lokasi pelaksanaan ujian,” katanya.

Ia berharap proses pelaksanaan ujian pada tahun ini berjalan dengan lancar. Jika dulu ada operasi Cendikia, sambungnya, maka pengamanan ujian menjadi tugas dari kepolisian. Meskipun secara khusus operasi tersebut tidak ada, namun pada prinsipnya kegiatan masyarakat tetap diamankan, apalagi pelaksanaan ujian,” terangnya.

Menanggapi maraknya pelanggaran lalulintas yang dilakukan pelajar ketika hari kelulusan ujian, Ardian mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjsama dengan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Bengkulu untuk memberikan himbauan kepada para siswa untuk tidak mengganggu lalulintas.

“Namun jika ada tindakan pidana yang mengharuskan polisi untuk masuk maka baru kita akan ambil tindakan. Pada prinsipnya dilakukan tindakan preventif atau dihimbau dan dijaga dahulu,” terangnya.

Sebelumnya, telah digelar rapat koordinasi persiapan dan pendistribusian soal Ujian Sekolah SD/MI, SDLB dan paket A yang digelar di Hotel Samudra Dwinka, Rabu (29/4/2016) dan dihadiri oleh perwakilan dari 10 Dinas Pendidikan yang ada di Kabupaten/Kota. [Zefpron Saputra]