PNS Kerja
Ilustrasi/Foto PNS yang sedang kerja.

BENGKULU TENGAH, PB РBelum disiplinnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terkait hari masuk kerja ditengarai karena alasan tempat domisili. Minimnya aparatur sipil yang bermukim di  daerah Maroba Kite Maju itu menjadi alasan oknum aparat itu bolos ngantor atau jarang masuk kantor.

Baca juga: Layani Pasien, Perawat Jangan Pilih Kasih

“Coba PNS yang bertugas di Benteng itu berdomisili di Benteng. Mungkin mereka sulit mangkir tidak masuk kerja apalagi sewaktu hari Sabtu, atau hari tejepit,” kata Er, salah seorang warga Benteng kepada Pedoman Bengkulu, baru-baru ini di desa Ujung Karang.

Er menyayangkan PNS Benteng yang bertugas sekedar mencari keuntungan materi tetapi tidak begitu memikirkan kemajuan daerah. Jika seluruh PNS itu menetap di Bengkulu Tengah dampak yang dirasakan amatlah besar, salah satunya PNS memiliki waktu produktif untuk kerja dan bahkan dalam kondisi hujan PNS tetap maksimal dalam bekerja melayani masyarakat.

“Kalau hari Sabtu akhir pekan kantor sepi, apalagi kalau hari-hari tertentu tanggal merahnya menggantung, seperti Jumat, sudah pasti banyak yang tidak masuk kerja dihari berikutnya,” tambah Er, yang juga honorer di kantor milik pemerintah itu.

Pemda Benteng menengahi persoalan tersebut dengan menawarkan perumahan bersubsidi bagi PNS khususnya bertugas di Benteng yang berlokasi di desa Rena Semanek. Pemda bekerja sama dengan KPR menawarkan program rumah murah bagi PNS. Meski program itu belum banyak berpengaruh. “Punya tanah di Benteng? Aku mau. Cuma aku belum pesan (perumahan),” kata Muchrizal, Kabag Pertanahan Setda Benteng. (Dedy Irawan)