ridwan muktiBENGKULU, PB – Hermen Malik dianggap sukses membangun Kabupaten Kaur. Karena ini, Bupati Kaur periode 2011-2016 ini menjadi rebutan baik dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Hal ini sebagaimana diutarakan oleh Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti.

Baca jugaGusril Siap Bikin Kaur Lebih Hebat dan Terkenal

Ridwan secara terang-terangan mengaku sangat berharap agar Hermen Malik ikut bergabung secara struktural di pemerintahan yang ia pimpin. “Kita di Provinsi Bengkulu ini masih membutuhkan sumber daya yang berkompeten. Beliau ini termasuk berintegritas, dan saya berharap agar beliau bersama-sama bergabung di pemerintah provinsi,” kata Ridwan Mukti, usai pelantikan Bupati Kaur Gusril Fauzi, Sabtu (21/5/2016).

Lebih lanjut, Ridwan menerangkan bahwa dirinya sangat tertarik dengan kemampuan Hermen dalam membangun konsep pendidikan di Kabupaten Kaur. Dimana, pendekatan yang dilakukan oleh Hermen sangat unik dan berbeda dengan kepala daerah lainnya.

“Karena sesuai dengan kemampuan APBD yang sangat terbatas, mereka tidak sanggup bangun infrastruktur jalan. Akhirnya mereka menjemput anak-anak yang ada di hutan, di pelosok. Kemudian dimasukkan dalam sekolah boarding school yang sekolahnya itu nginap,” jelasnya.

Dengan pembinaaan dan asistensi langsung dari Australia, lanjut Ridwan, standar sekolah yang yang dihasilkan juga standar internasional. “Tentunya beliau bisa melanjutkan cita-cita mulia itu dengan berada di Pemprov Bengkulu. Pak Hermen bisa bisa melihat dan memberi masukan agar cita-cita mulia itu bisa diteruskan,” jelasnya.

Sebab, menurut mantan Bupati Musirawas ini, Hermen Malik tidak lama memimpin Kaur, hanya lima tahun. “Jadi membangun konsep yang kompleks tidak bisa dalam waktu singkat. Dengan bergabung dalam struktur pemerintah provinsi, maka cita-cita mulia itu akan terus terawat dan terjaga,” ungkapnya.

Lalu posisi apa yang pas untuk Hermen? Ridwan menerangkan kedepan seluruh jabatan akan dilelang secara terbuka. Dengan proses ini maka Hermen sangat berpeluang untuk bisa masuk ke dalam struktur sesuai dengan kompetensinya.

“Pak Hermen ini pasti dapat berhasil karena ujian yang dilakukan adalah dengan standar kemampuan minimum bagi seorang pejabat,” sambungnya.

Pun demikian, Ridwan mengakui pula jika Hermen Malik ini adalah SDM pusat yang dikaryakan di daerah. “Tapi kan dari kementrian juga menunggu beliau,” ujar Ridwan. [IC]