Longsor Benteng (1)REJANG LEBONG, PB – Jika tidak ada halangan, akhir bulan ini Kodim 0409 Rejang Lebong akan mengundang 3 Bupati sekaligus untuk mensinergikan program kerja. Khusunya soal penanganan Bencana Alam yang belakangan kerap terjadi di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiyang.

Baca juga: Bengkulu Zona Merah Bencana, SAR Bentuk FKP3D dan Bengkulu Minim Alat Canggih Penanganan Bencana

“Kita sudah memetakan titik-titik lokasi rawan bencana alam. Terbanyak ada di Lebong dan Rejang Lebong,” ujar Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav Hendra Setiawan Nuryahya.

Penanganan yang dimaksud yaitu mulai dari pencegahan dan penanggulangan bencana itu sendiri. “Tujuannya agar tidak terjadi lagi di tahun mendatang. Kalau untuk jajaran Kodim saat ini lebih ke penanggulangan saja. Menurunkan pasukan untuk membantu pemerintah,” ujar Dandim.

Sementara itu, untuk pencegahan akan di sinergiskan dengan instansi terkait. “Kita bantu memberikan data pemetaan titik lokasi rawan bencana alam. Dari data itu, instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan BPBD bisa melakukan pencegahan dengan pembangunan bronjong atau pelapis tebing,” kata Dandim. (Ifan S)