Ilustrasi UMB IBENGKULU, PB – Terletak di titik-titik strategis di Kota Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) merupakan kampus alternatif yang paling digemari warga masyarakat Bengkulu. Menyandang akreditasi B, universitas ini selalu meningkatkan kualitas pengajar dan pelayanannya.

Dikatakan Kepala bagian Humas dan Protokoler Universitas Muhammadiya Bengkulu, Dandi Sunardi, sejak 1 Maret 2016 hingga 31 Agustus 2016 mendatang, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) membuka penerimaan mahasiswa baru untuk dua gelombang. Gelombang pertama Februari hingga Mei 2016. Gelombang kedua bulan Juni hingga September 2016.

“Kita memiliki delapan fakultas dengan 24 program studi. Diantaranya Fakultas Keguruan, Ilmu Pendidikan, Ekonomi, Pertanian, Agama Islam, Ilmu Sosial dan Politik, Ilmu Kesehatan dan Teknik,” kata Dandi Sunardi, Selasa (17/5/2016).

Ia menjelaskan, UMB memiliki dosen-dosen bersertifikasi dan gedung perkuliahan yang representatif. Pada kampus ini, tersedia sarana gedung perpustakaan yang telah menggunakan sistem information and communication technology (ICT), laboratorium yang memadai seperti laboratorium biologi, keperawatan, jaringan komputer dan lainnya.

“Di dalam kampus sudah ada tempat konsultasi kemahasiswaan atau bimbangan dan konseling, medical center, BNI Syariah, lapangan futsal, lapangan voli, masjid, LCD di 90 persen ruangan kuliah, radio informasi dan pendidikan seperti Jazira 104,3 FM-News and Education Channel,” urainya.

Penerimaan sendiri, lanjutnya, bisa dilakukan melalui jalur tes langsung. Peserta yang datang bisa langsung tes, melihat pengumuman hasil tes dan registrasi. Tes juga bisa dilakukan dengan sistem online melalui situs www.umb.ac.id atau tes manual pada Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu.

“Ada juga yang diterima melalui jalur penerimaan non tes, yakni dengan undangan langsung. Tahap pendaftaran melalui tes, pengumuman kelulusan, setor pembayaran bank minimal Rp 1 juta, mendaftar di kampus lalu mendapatkan sejumlah fasilitas buku panduan akademi, panduan shalat, jaket almamater dan kalender,” ungkapnya.

Pada UMB, terdapat sejumlah fasilitas beasiswa seperti Bidik Misi, PPA dan BBM, prestasi UMB pada bidang olahraga, seni dan budaya, beasiswa Bank Bengkulu, BNI dan BCA. Informasi mengenai pendaftaran bisa diperoleh melalui www.umb.ac.id atau bisa langsung ke alamat Jalan Bali Kota Bengkulu 38119 PO BOX118, telepon 0736-22765 dan faximile 0736-26161.

Persyaratannya, mengisi formulir pendaftaran, fotokopi ijazah serta NEM SMA sederajat yang sudah dilegalisir sebanyak dua lembar, pas foto 2X3, 3X4 dan 4X6 masing-masing tiga lembar, surat pernyataan sanggup mentaati peraturan yang berlaku di UMB, fotokopi pembayaran registrasi dari bank serta membayar uang pembayaran tahap satu sesuai dengan rincian pembayaran untuk tahun ajaran 2016/2017 [Yayuk intan/Dhewy S.J]