Informasi: Kirimkan tulisan kegiatan Ramadhan anda dilengkapi foto kegiatan dan KTP. Kirim ke email: pedomanbengkulu@gmail.com. Semoga berkah Ramadhan Rp 200.000 bisa anda menangkan. Program Berita Ramadhan Berhadiah ini dipersembahan oleh Anggota DPD RI, Riri Damayanti John Latief, S.Psi. Marhaban ya Ramadhan. Mari tingkatkan amal ibadah di bulan suci ini. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1437 Hijriah

 

Nugroho Tri Putra*Tarawih Perdana Masjid Akbar (1)

MERIAH, demikian suasana shalat tarawih perdana yang digelar di Masjid Akbar At-Taqwa Kelurahan Anggut Atas, Minggu (5/6/2016). Tua, muda dan anak-anak berjejer di setiap saf-saf shalat di masjid yang berkapasitas dua ribu jamaah ini.

Sebelum tarawih di mulai, ustadz Ahmad Farhan mengawali dengan memberikan tausiah. Ia membagi manusia dalam tiga klasifikasi pada bulan ramadan ini. Pertama, orang yang menyiksa diri sendiri.

“Contohnya, ketika bulan ramadan tiba, seorang manusia tiba-tiba pusing ketika menjalankan puasa, sehingga membuat dirinya tidak sanggup berpuasa. Selalu saja banyak alasan untuk tidak menjalankan kewajiban berpuasa,” katanya.

Klasifikasi kedua, lanjutnya, adalah manusia yang yang berada di tengah-tengah. Contohnya adalah puasa iya, tetapi shalat tidak. Berzakat iya, tapi tetap berdusta.

Ketiga, adalah orang yang luar biasa, bersemangat ria menyambut bulan ramadan bahkan sudah mempersiapkan diri sebelum ramadan dengan banyak amalan.

Klasifikasi yang ketiga ini adalah manusia yang tidak disibukkan dengan hal-hal yang diragukan, sehingga iya menjadi manusia yang benar-benar siap menjalankan ibadah di bulan ramadan.

“Allah hadirkan Ramadhan sebagai evaluasi, agar kita menjadi pribadi yang luar biasa, menjadi pribadi yang bertaqwa,” ujarnya.

Kemeriahan tarawih perdana di Masjid Akbar At-Taqwa ini tidak terlepas dari agenda rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bengkulu sepanjang bulan Ramadhan. Wali Kota Helmi Hasan mengajak seluruh umat muslim di Kota Bengkulu untuk senantiasa memakmurkan masjid.

“Mari kita ajak istri dan anak kita untuk selalu shalat berjamaah tidak hanya pada shalat lima waktu, tetapi juga shalat tarawih,” kata Helmi Hasan saat memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Ia menyampaikan, keluarga menjadi salah satu pondasi kehidupan yang penting sebagai awal untuk mengabdikan diri, mengikuti seluruh perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

“Semoga di bulan yang suci ini, kita semua senantiasa dalam kondisi yang bersih dan ikhlas, agar kita mampu menjalankan ibadah dengan baik,” tutupnya.

*Warga Jalan Titiran Blok 3 Nomor 84 RT 9 Kelurahan Cempaka Permai Kota Bengkulu

Tarawih Perdana Masjid Akbar (2) Tarawih Perdana Masjid Akbar