Khutbah JumatBENGKULU, PB – Tinggal menghitung hari umat muslim di seluruh dunia akan dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Puasa selama 1 bulan penuh adalah kewajiban bagi setiap muslim yang telah dewasa. Meskipun banyak kaum muslim yang berpuasa, namun tak semua yang kembali fitrah (suci).

Karena itu, puasa bagi umat muslim tak hanya sekedar menahan lapar dan haus saat matahari terbit hingga terbenam, namun lebih dari itu menjalankan ibadah puasa juga harus menjaga jasmani dan mensucikan ruhani dari hal yang dilarang oleh ajaran Agama.

Nasehat dan tuntunan dalam melaksanakan ibadah puasa ini, disampaikan dalam kutbah Jumat, di Masjid Baitul Izzah, Padang Harapan Kota Bengkulu, (03/06).

“Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, tapi lebih dari itu menjaga mata, telinga dan anggota tubuh lainnya adalah bagian dari kewajiban saat berpuasa,” ucap Khatib saat menyampaikan kutbah jumat.

Dengan menukilkan sabda Nabi Muhammad SAW, ia mengatakan sungguh pendengaran dan hati akan diminta pertanggung jawabannya dihadapan Allah SWT.

Khatib juga berpesan hendaknya saat berpuasa umat muslim harus menjaga makanan dan minuman yang haram baik zat dan cara mendapatkannya.

“Perut juga harus dijaga dari makanan yang haram, contohnya hasil curian dan korupsi, sebagaimana hadist nabi yang mengatakan ‘janganlah diantara kamu makan harta diantara kamu dengan jalan yang bathil’,” terangnya.

Mengakhiri khutbahnya, khatib berpesan agar puasa tahun ini dijadikan sebagai momentum perubahan diri menjadi manusia yang bertakwa dan insan muttaqien. “Semoga puasa nanti bisa kita jalankan dengan baik, agar kita semua menjadi insan yang muttaqien dan bertakwa,” tutupnya. (MS)