13819534_1665669890421590_352032970_nBENGKULU, PB – Pulau Enggano bakal dipercantik melalui perbaikan saran infrastruktur. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak eksplorasi wisata dan Sumber Daya Alam (SDA) di pulau terluar tersebut.

RM Tawarkan Enggano Jadi Pangkalan Militer RI

Untuk itu, Pemprov Bengkulu berencana akan melakukan perluasan Bandara dan pembangunan jalan-jalan di Pulau Enggano. Bandara yang ada saat ini dinilai terlalu kecil, apalagi kedepan Bengkulu akan dijadikan sebagai icon wisata Bengkulu.

“Kita akan siapkan Infrastruktur. Bandara akan kita perbaiki dan perbesar landasannya supaya pesawat besar bisa mendarat,” kata Asisten II, Iskandar ZO, Rabu (20/07/2016).

Untuk saat ini, penerbangan komersial di Pulau Enggano hanya beroperasi 2 dalam satu Minggu. Tak hanya itu armada laut juga tak beroperasi setiap hari kepulau terluar tersebut. “Saat ini baru ada satu penerbangan ke Enggano yakni, Susi Airlines. itu juga cuma 2 kali terbang dalam seminggu,” ungkapnya.

Pulau Enggano, kata Dia, juga akan mendapat perhatian dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan untuk program nilai tambah. “SDA di Pulau Enggano masih banyak yang terdiri dari bahan mentah. Makanya dibutuhkan program nilai tambah, contohnya Pabrik,” terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi telah memastikan bila Pulau Enggano Jadi Pusat Peringatan HUT RI yang ke 71. Peringatan HUT RI tersebut rencananya akan dihadiri 17 menteri.  Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti juga mengusulkan agar Enggano Menjadi Poros Maritim Bengkulu kedepannya. [MS]