LIPI 1BENGKULU, PB – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadikan Provinsi Bengkulu sebagai pusat penelitian pelajar se-Indonesia. Tak kurang dari 350 pelajar dari 31 Provinsi di Indonesia hadir untuk melakukan serangkaian observasi dan riset di Bengkulu.

Dengan mengangkat tema “Dari Bengkulu Untuk Indonesia, Pengembagan Minat Penelitian Remaja Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa” LIPI bertekad akan mencetak generasi ilmuan.

Penelitian yang diselenggarakan LIPI tersebut akan berlangsung selama 1 Minggu kedepan yakni 24 hingga 31Juli 2016. Kegiatan ini akan menjadikan budaya dan situs bersejarah di Bengkulu sebagai objek penelitian, contohnya Rumah Soekarno, Makanan Khas Bengkulu, Batik Basurek dan Kearifan Lokal yang berkembang di Bengkulu.

“LIPI sebagai lembaga pemerintah telah melakukan pembinaan remaja yang terus dikembangkan dari tahun ke tahun” katanya disela-sela menyampakan sambutan di Hotel Vista, Kota Bengkulu, Senin (25/07/2016).

Lebih jauh, Serangkaian penelitian pelajar di Provinsi bengkulu akan dijadikan monentum perubahan. Ini merupakan bagian dari keinginan agar Bengkulu dapat keluar dari predikat daerah tertinggal di Sumatera.

“Kita siap melakukan kerja sama Penelitian dengan Pemda Provinsi Bengkulu untuk menemukan potensi-potensi agar Bengkulu dapat keluar dari ketertinggalan dan kemiskinan” ujarnya

Seperti diketahui, Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah pelaksanaan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-15. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak 2001. (MS)