Ridwan MuktiBENGKULU, PB – Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti meminta nelayan untuk membentuk koperasi. Pasalnya melalui badan usaha ini maka kesejahteraan ekonomi masyarakat pesisir akan bisa didongkrak naik.

“Budaya dan pola pikir nelayan harus dirubah dalam mencari mata pencaharian selain melaut, agar para nelayan tidak defisit,” kata Ridwan Mukti.

(Baca juga: DKP Diminta Giatkan Pemberdayaan Nelayan)

Dengan koperasi, Ridwan menilai, perekonomian nelayan akan bisa lebih stabil. Dengan demikian, kemiskinan nelayan tidak terstruktur atau turun temurun terjadi.

Selain itu, ia minta nelayan juga agar mampu untuk meningkatkan kegiatan budidaya ikan. Dalam bahasa lain, nelayan tidak hanya menangkap atau mencari ikan saja.

“Paling tidak, nelayan bisa memanfaatkan waktunya untuk melakukan aktifitas budidaya ikan selain penangkapan ikan yang tergantung musim, kondisi alam dan umpan yang relatif tak menentu,” jelasnya.

Dengan koperasi dan kemampuan budiaya tersebut, mantan Bupati Musirawas ini optimis sektor perikanan Bengkulu bisa menjadi andalan. “Sektor perikanan budidaya bisa menjadi solusi strategis dan leading sektor andalan Bengkulu kedepan,” kata dia.

Namun, ia menegaskan, pembangunan sektor perikanan ini harus dilakukan secara sinergis dan lintas sektoral, tidak hanya lintas skpd terkait namun lintas pemerintahan.

“Mulai dari kabupaten, provinsi, sampai pusat secara bersamaan diajak membangun masyarakat pesisir, supaya beberapa tahun lagi saya datang kesini, kampung nelayan ini terlihat lebih maju dan sejahtera,” pungkasnya.[IC]