sayuran untuk diet-resep makanan sehatTETAP awet muda mungkin hal yang muskil karena proses penuaan terjadi secara alami yang tidak dapat dihindari karena faktor genetika. Tetapi gaya hidup termasuk makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi proses penuaan lebih cepat (dini).

Penuaan dini akhir-akhir ini banyak terpicu dari makin banyaknya pencetus zat radikal bebas yang terdapat dari asupan harian nutrisi kita.

Sumber makanan yang tidak yang tidak ideal dan tidak menyehatkan, tak ayal membuat tubuh menjadi lebih tua dari pada usia seharusnya karena menurunnya vitalitas tubuh.

Penuaan tersebut ditandai dengan keriput, penurunan kapasitas fisik, kehilangan memori, penurunan fungsi organ-organ indera (mata, telinga dan hidung), dan fungsi fisiologis lainnya seperti pencernaan dan fungsi kardiovaskular.

Tetap muda selamanya adalah hal yang mustahil, namun Anda bisa memperlambatnya dengan mengkonsumsi makanan dan menjalani gaya hidup sehat.

Diet sehat dan olahraga teratur merupakan solusi terbaik untuk mencegah penuaan dini. Karenanya, meski produk anti penuaan (anti aging) banyak tersedia di pasar, cara efektif memperlambat penuaan adalah dengan mangatur asupan makanan sehat yang tepat.

Makanan yang memiliki efek anti penuaan adalah yang mengandung antioksidan. Antioksidan memiliki kemampuan memperlambat proses penuaan dan membantu mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Selain memperlambat penuaan, sebagian besar makanan di bawah ini menawarkan keuntungan tambahan seperti memerangi kolesterol dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

1.  Tomat.

Dengan kandungan vitamin C, A dan vitamin E yang tinggi, serta betakaroten dan likopen, tomat menjadi salah satu pilihan makanan paling sehat.

Dengan kandungan ini maka tomat memiliki kemampuan  untuk tetep menjaga kelenturan kulit dan dapat memperlambat proses penuaan dini terutama bagi wanita di usia 40 tahunan.

2.  Wortel.

Meskipun tidak terbukti mengurangi mata minus, akan tetapi mengkonsumsi vitamin A tinggi dan karetonoid yang terdapat pada wortel akan membantu menjaga kesehatan kulit bahkan dari terik matahari.

Manfaat kalium wortel akan menghindari kulit kering karena terhidrasi dengan baik. Selain itu mengandung banyak antioksidan sehingga mencegah proses penuaan dan keriput wajah.

Selain itu mengandung minya esensial untuk mencegah jerawat. Jadi, konsumsilah jus wortel setiap saat karena dapat juga meratakan warna kulit yang mengalami pigmentasi.

3Brokoli.

Brokoli adalah sayuran berdaun hijau tua jenis Brassica, keluarga tanaman yang meliputi kangkung, kubis, dan kembang kol. Sayuran hijau ini selain tinggi anti oksidan juga tinggi kadar kalsiumnya.

Nilai gizi dari brokoli dapat dianggap sebagai pembangkit tenaga zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. Brokoli juga mengandung phytochemical penting dan antioksidan, yang melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Bertindak sebagai detoxifier. Kandungan vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli  sangat baik. Ini membantu menghilangkan radikal bebas. Karenanya brokoli juga memiliki sifat anti penuaan yang dapat membalikkan efek dari proses penuaan.

4Kubis.

Kubis atau kol merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kubis merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan sukfur yang tinggi. Kedua senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Kandungan vitamin E dalam kubis ini juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

5Apel.

Buah yang tinggi vitamin A ini sebenarnya paling baik dikonsumsi dengan kulitnya. Karenanya ada istilah One apple a day, istilah ini digunakan bagi Anda yang ingin diet sehat dan menyenangkan.

Apel mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah berbagai penyakit. Buah ini memiliki sifat anti penuaan, serta dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, juga baik untuk kecantikan kulit Anda.

6. Bawang Putih

Bawang putih dikenal memiliki manfaat obat yang membantu mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus dan penyakit jantung. Selain itu mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Bawang putih mampu mencegah degenerasi sel yang menyebabkan penuaan. Untuk mendapatkan manfaat maksimal bawang putih, Anda harus memakannya dalam kondisi mentah.

7. Teh Hijau

Konsumsi rutin teh hijau dalam jumlah moderat terbukti bermanfaat bagi kesehatan secara umum. Teh hijau baik pula untuk kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

8. Melon

Salah satu buah bergizi yang dapat dimasukkan dalam diet harian Anda adalah melon. Melon dan semangka memiliki efek alkali pada tubuh serta menyediakan vitamin dan banyak cairan.

9. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan merupakan sumber yang baik dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, dan zat phytochemical termasuk antioksidan.

Kenari mengandung asam lemak omega-3, kalium, magnesium, seng, besi, dan selenium. Kacang-kacangan lain yang juga bermanfaat adalah almond dan kacang mete.

Memasukkan kacang-kacangan dalam diet bermanfaat meningkatkan fungsi pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan mengurangi kadar kolesterol.

10. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal. Sementara vitamin E membantu menjaga kulit dan rambut tetap bersinar, lemak tak jenuh tunggal berfungsi mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga kaya kalium yang mencegah retensi cairan dalam tubuh serta mengontrol tekanan darah.

11. Buncis.

Jangan lagi singkirkan warna hijau dari piring Anda, dan mulai konsumsilah buncis. Kegunaan buncis tak lain karena tanaman ini mengandung sejumlah asam folat, vitamin A, vitamin B1-B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin C dan vitamin B11.

Selain mengatasi diabetes, jantung dan pencernaan, buncis memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat menangkal paparan radikal bebas dalam tubuh, sebagai salah satu penyebab penuaan dini.

12. Kurma

Kulit memerlukan nutrisi untuk membuatnya tetap sehat dan bersinar. Kekurangan nutrisi pada kulit dapat menyebabkan kulit kusam dan rusak. Regenerasi kulit diperlukan untuk mengganti sel-sel kulit mati. Buah kurma mengandung vitamin A yang mampu menyingkirkan sel kulit mati ataupun kering.

Selain itu, manfaat Vitamin B5 atau biasa disebut dengan asam pantotenat yang terdapat di dalam buah kurma mampu memperbaiki kulit rusak yang disebabkan oleh radikal bebas.

Buah kurma juga kaya akan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Hebatnya, antioksidan yang terdapat dalam buah kurma bekerja dari dalam dan luar tubuh. Dengan konsumsi kurma secara teratur akan menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit kencang dan awet muda.

13. Merica.

Tak disangka bumbu dapur yang pedas ini memiliki manfaat besar untuk mengatasi radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi. Merica juga mengandung mineral tinggi seperti zat besi.

Manfaat lainnya dapat menghaluskan kulit dan mengatasi kulit kering dan pecah – pecah, merica dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut. Rasa hangat yang akan ditimbulkan oleh merica akan merangsang sirkulasi darah pada kulit sehingga pasokan oksigen dalam kulit meningkat dan kulit menjadi halus.

Caranya dapat membuat scrub dari merica ini dengan cara mencampurkannya dengan gula dan minyak zaitun. Aduk sampai halus dan merata kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit dan wajah sambil dipijat lembut. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air bersih. Mudah bukan!

14. Pepaya dan Jeruk

Buah pepaya ini merupakan sumber serat dan nutrisi yang baik, yaitu vitamin A, vitamin C dan folat. Sementara Jeruk sebagai sumber vitamin C tinggi, jeruk sebaiknya menjadi bagian dari asupan makanan kita sehari-hari.

Kedua buah-buahan ini tidak perlu diragukan lagi kandungan vitamin C didalamnya yang mengadung antioksidan untuk mengikat radikal bebas yang dapat mencegah proses penuaan dini.

15. Air Putih

Jangan remehkan peranan air putih untuk menjaga cairan tubuh. Tetap terhidrasi merupakan salah satu aturan penting mencegah penuaan. Untuk tujuan ini, tidak ada yang dapat menggantikan air.

Minum setidaknya delapan gelas air sehari. Air membantu membilas racun keluar tubuh dan menjaga darah tetap dalam tingkat kekentalan yang normal.

Jadi untuk memiliki kulit yang indah dan cantik tak perlu mahal. Mengatur pola dan asupan makanan adalah kunci untuk kulit anda tampil cerah dan sehat. (RPHS)