hqdefault
Ilustrasi

BENGKULU SELATAN, PB – Untuk melestarikan kesenian tradisional daerah, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan bakal mengisi kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71 yang jatuh pada 17 Agustus 2016 mendatang dengan berbagai kesenian asli daerah Kabupaten Bengkulu Selatan. Salah satunya adalah ‘Berejung’ dan pentas seni lagu daerah yang akan ditampilkan pada malam puncak hiburan rakyat HUT RI (16/8).

Usung Budaya Lokal, SLE Terkenal Hingga Internasional

“Nanti yang akan tampil group berejung dari dari Kecamatan Kedurang. Kami sudah menghubungi Camat Kedurang,” ujar Kabid Kebudayaan Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika, Kebudayaan dan Pariwisatan Mardian Sonpri.

Selain itu, hiburan rakyat juga akan melibatkan pihak sekolah, sanggar seni. Bukan hanya budaya lokal, tapi juga budaya etnis lainnya seperti Minang dan Jawa.

Untuk diketahui, berejung merupakan seni sastra tradisional berbentuk lisan yang menyerupai puisi, dengan nada, irama, aturan dan ciri khas tertentu. Pada dasarnya, rejung berfungsi sebagai hiburan, khususnya kaum muda-mudi. Selain itu, rejung berfungsi sebagai pelengkap tari adat.

Selain di Bengkulu Selatan, seni rejung secara umum juga merupakan kesenian daerah Serawai yang meliputi Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur. Juga termasuk suku besemah dan beberapa daerah lainnya. Namun dalam penerapannya, menggunakan bahasa daerah masing-masing. (Apdian Utama)