bnnBENGKULU SELATAN, PB – Hari Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada hari ini Kamis (4/8/16) diisi dengan berbagai kegiatan. Di Bengkulu Selatan, peringatan HANI tahun ini diikuti oleh ratusan pelajar. Acara yang mengambil tempat di Gedung Pemuda Manna ini dilaksanakan oleh BNN Kabupaten BS dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan.

BNN Beri Penghargaan Pada 2 Aktivis Anti Narkoba Bengkulu

Assisten II Setda Bengkulu Selatan Mardiansyah mewakili Bupati Bengkulu Selatan membacakan sambutan Kepala BNN Pusat Budi Waseso. Dalam sambutan Kepala BNN terungkap bahwa dari tahun 2015 sampai Juni 2016 telah menungkap kasus Narkotika baik yang ditangani BNN Pusat maupun provinsi sebanyak 1.015 kasus dengan tersangka 1.681 orang. BNN juga berhasil mengungkap tindak pidana pencucian uang yang berasal dari kejahatan Narkoba yang berhasil dirampas senilai Rp 142.058.158.337.

“Di samping itu, berdasarkan data dari PPATK, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh BNN adanya dugaan transaksi mencurigakan hasil dari kejahatan narkotika sebesar Rp 3,6,” ujar Asisten II Setda Bengkulu Selatan Mardiansyah saat membacakan sambuatan Kepala BNN Budi Waseso.

Selanjutnya, dalam upaya pemberantasan jaringan peredaran gelap Narkotika, BNN telah berhasil mengungkap 72 jaringan sindikat Narkotika baik nasional maupun internasional yang terdiri dari jaringan sindikat Tiongkok, Malasysia, Afrika barat,Timur Tengah, Pakistan, China dan jaringan sindikat ganja Bang Pin alias Aripin. Adapun barang bukti yang berhasil disita yakni sabu seberat 2,8 ton, ekstasi 707.864 butir, ganja 4,1 ton dan lahan ganja seluas 69 hektare. (Apdian Utama)