14018083_1683648198623759_544499100_nBENGKULU, PB – Setelah mutasi 226 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti akan segera melakukan mutasi kloter kedua.

Selanjutnya, dalam waktu dekat Ridwan akan melakukan mutasi terhadap pejabat eselon II karena sudah mendapat restu dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Hari ini kita lakukan mutasi eselon III dan IV dulu, untuk eselon II Assesmentnya baru selesai, yang pasti dalam waktu dekat akan dilakukan mutasi karena sudah mendapat restu dari Mendagri,” katanya, Kamis (18/08/2016).

Ia mengatakan, sebelum melakukan mutasi pejabat eselon II, Pemprov Bengkulu sudah melalukan assessment para kepala satuan perangkat kerja daerah (SKPD) untuk memastikan apakah mereka masih layak atau tidak menempati jabatan tersebut.

Sebab, banyak pejabat eselon II di jajaran Pemprov Bengkulu memegang jabatan tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya. Seperti Kepala Dishub Bengkulu berasal dari sarjana pendidikan, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) berasal dari sarjana hukum juga Kepala Biro Pembangunan.

Demikian pula pejabat setingkat kepala biro kebanyakan disiplin ilmu yang dimilikinya tidak sesuai dengan jabatan yang diembannya. Menurutnya, pejabat seperti ini perlu dievaluasi apakah masih dipertahankan atau dialihkan ke jabatan lain yang lebih pas dengan disiplin ilmu yang dimilikinya.

“Yang jelas, kami membutuhkan pejabat eselon II, III dan IV yang mau bekerja keras dan profesional. Sebab, untuk mengejar ketertinggalan Bengkulu dengan provinsi lain di Tanah Air diperlukan pejabat profesional dan siap bekerja keras,” ujarnya.

Seperti diketahui, untuk pengangkatan pejabat eselon II di jajaran Pemprov Bengkulu, akan dilakukan lelang jabatan. Hal ini sesuai dengan amanat dari Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). [MS]