IskandarBENGKULU SELATAN, PB – Dalam RAPBP Bengkulu Selatan terdapat adanya tambahan pendapatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pengairan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ini Alasan Wabup BS Setujui Pengerukan Sungai Air Nipis dan Irigasi Jebol, 65 Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

Oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas PU anggaran tersebut bakal dialokasikan untuk pekerjaan irigasi sebanyak 116 paket. Dari 116 paket tersebut, sebaran terbanyak di Kecamatan Seginim. Lihat juga: Targetkan 10 September Ketuk Palu APBD-P.

Dijelaskan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Iskandar, 116 paket tersebut merupakan pekerjaan perbaikan maupun pembangunan irigasi tersier. Menurutnya, saat ini proses pengajuan lelang sudah mulai diusulkan ke ULP.

“Terbanyak memang di kawasan Seginim, karena memang di sana potensi sumber pengairan banyak. Di samping itu Seginim merupakan salah satu lumbung padi di Bengkulu Selatan,” jelas Iskandar.

Untuk diketahui, selain menerima DAK bidang pengairan sebesar Rp 23 Milyar, Dinas PU juga mendapat tambahan DAK sebesar Rp 70 Milyar di bidang bina marga. Dana tersebut digunakan untuk 17 paket hotmix jalan. (Apdian Utama)