bujang-hrBENGKULU, PB – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bengkulu bakal menerima sebanyak 826 Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang saat ini disebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca juga : Pensiun, 134 PNS Pemkot Bengkulu Peroleh Penghargaan dan Uang Tunai

“Kebutuhan riil kita 826 orang PNS. Selain karena sudah banyak yang pensiun, PNS kita yang sekarang memiliki keterbatasan dalam bekerja karena faktor usia. Sementara kita butuh tenaga muda yang segar,” kata Kepala BKD Kota Bengkulu, Bujang HR, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, kebutuhan itu telah disampaikan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, beberapa hari lalu.

“InsyaAllah 2017 keinginan ini diakomodir dengan syarat kita melampirkan data-data PNS yang pensiun sejak tahun 2013 hingga 2016. Tahun ini belum bisa karena penerimaan tahun ini hanya untuk daerah yang baru mekar di Kalimantan dan Papua,” ujarnya.

Ia menerangkan, penerimaan CPNS bukan satu-satunya solusi untuk menutupi kekurangan tenaga pegawai tersebut. Ia menyatakan adanya opsi dari Menpan-RB kepada Pemerintah Kota untuk menampung PNS dari daerah-daerah yang kelebihan pegawai.

“Bisa juga kekurangan itu ditutupi dari daerah yang pegawainya berlebih. Formasi yang kita butuhkan adalah guru, tenaga kesehatan dan tenaga administrasi. Selama ini kekurangan pegawai kita antisipasi dengan cara melimpahkan pekerjaan tiga orang kepada satu orang. Atau dengan cara mengangkat tenaga sukarela dan tenaga kontrak,” paparnya.

Meski belum lama ini Pemerintah Kota telah menetapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang perampingan struktur birokrasi pemerintahan, tambahnya, bukan berarti kebutuhan untuk menerima pegawai baru itu dibatalkan.

“Untuk eselon II kebutuhan kita tetap bertambah. Yang akan dikurangi itu untuk eselon III dan IV,” tutupnya. [RN]