MalingREJANG LEBONG, PB – Kinerja bagus ditunjukkan unit Buru Sergap (Buser) Sat Reskrim Polres Rejang Lebong, Senin siang (5/9/2016). Pasalnya, petugas berhasil membekuk 1 dari 2 orang pelaku pencurian di rumah Milik Hadi Saputra (29) Warga Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup yang terjadi Minggu (4/9/2016) sekitar pukul 06.30 WIB.

Pelaku yang berhasil diamankan petugas yaitu Yu (30), warga Kelurahan Air Rambai. Yu diamankan petugas di perkebunan warga. Lantaran berusaha kabur, Yu terpaksa dilumpuhkan dengan 2 kali tembakan dibagian kaki kiri dan kanannya.

“Yu ini adalah resedivis di kasus yang sama. Yu memang sudah lama menjadi target operasi kami,” ujar Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong, AKP Chusnul Qomar melalui Katim Buser, Bripka Supriyadi SH saat ditemui di RSUD Curup.

Kronologisnya, bermula saat petugas sedang melakukan patroli memburu Yu beserta rekannya. Disaat yang bersamaan, korban beserta keluarganya secara tak sengaja melihat Yu melintas menggunakan motor milik korban dan pakaian korban yang dicuri satu hari sebelumnya. Tak mau kehilangan, korban langsung menghubungi petugas yang sedang berpatroli sembari mengejar Yu.

Selang beberapa menit petugas tiba di Tempat kejadian perkara (TKP) dan langsung mengejar Yu. Yu yang berusaha kabur masuk melalui gang jalan menuju lokasi perkebunan akhirnya dilumpuhkan menggunakan timah panas.

Tanpa perlawanan, Yu akhirnya langsung dibawa ke RSUD Curup untuk mendapatkan perawatan medis hingga akhirnya dibawa ke Mapolres Rejang Lebong untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Usai melakukan aksinya, Yu ini bersembunyi dahulu tidak langsung kabur ke luar daerah Rejang lebong. Saat YU berusaha keluar dari persembunyian ternyata terlihat oleh Korban. Sebab, saat itu YU menggunakan motor dan pakaian korban yang dicurinya,” ujar pria yang akrab dipanggil Supri ini.

Ditambahkan Supri, untuk kronologis peristiwa pencuriannya bermula saat korban dan keluarganya tengah tertidur pulas, minggu subuh (04/09). Diduga pelaku masuk dengan cara memanjat tembok belakang dan merusak pintu dapur.

Berhasil masuk, Yu beserta rekannya langsung membawa kabur satu unit sepeda motor jenis Yamaha Mio Soul GT BD 4645 CA warna Hitam, dompet yang berisikan KTP, ATM, NPWP, Kartu Sidik Jari, Kartu BPJS, Kartu Jamsostek, Sim C dan Uang Tunai Sebesar Rp 300.000, 2 unit Handphone Merek Lenovo A 7000+ dan Samsung Coreduos berikut alat alat rumah tangga milik korban.

“Akibat kejadian itu, Korban mengalami kerugian Rp 25 juta. Untuk rekan Yu masih dalam pengejaran kita,” ujar Supri. (Ifan)