14408007_884346651699028_1104298942_oREJANG LEBONG, PB – Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Rejang Lebong, senin (19/09) melakukan pembinaan terhadap 50 orang wanita Pekerja Seks Komersial (PSK) yang ada di kabupaten Rejang Lebong.

Para wanita tersebut selain diberi sosialisasi dan pelatihan berbagai keterampilan industri rumah tangga. Kegiatan yang berlangsung di Wisma Kaba Biangan jalan Sekowati kecamatan Curup ini berlangsung selama 1 hari dan menghadirkan sejumlah pemateri, baik dari home industri maupun pemateri bidang psikologi.

“Mereka sejak awal sudah kita lakukan pendekatan dan kita data. Dari data ini, kita undang mereka untuk ikut pelatihan keterampilan massal ini,” ujar Sutrima, pekerja Sosial Dinsosnakertrans Rejang Lebong.

Dijelaskan Sutrima, dalam pelatihan ini, pihaknya mengajak para PSK yang lebih senang disebut dengan istilah ‘Keluarga bermasalah’ ini untuk meninggalkan pekerjaan mereka untuk memberikan jasa sexsual dan berpindah menjadi seorang ibu – ibu yang dapat memberikan jasa home industri.

“Banyak keterampilan yang kita ajarkan, mulai dari menjahit, gunting rambut, diajari cara membuat Juice, makanan ringan,” ujar Sutrimah.

Sebagai penunjang uaha mereka ke depan, Petugas juga menyerahkan bantuan Blander untuk membuat juice yang diharapkan nantinya dapat digunakan sebagai salah satu modal mereka memperdagang juice di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Mereka kita bina terus. Sebagian besar mereka tidak menjajakan diri secara langsung atau mangkal. Melainkan wanita panggilan,” ujar Sutrimah. (Ifan)