IST/Wabup RL sambangi pasien di RUSD Curup
IST/Wabup RL sambangi pasien di RUSD Curup

REJANG LEBONG, PB – Hingga saat ini, pasien pengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi masih mendominasi jumlah pasien rawat jalan yang berobat di RSUD Curup. Sedangkan, untuk peringkat pertama jumlah terbanyak pasien rawat inap yaitu pasien penderita DBD atau demam berdarah.

“Saat ini kita masih melakukan pembenahan data rekam medik di RSUD Curup. Untuk saat ini, kita baru bisa mendata ulang mulai bulan januari hingga februario saja,” ujar Kepala Bidang Pelayanan RSUD Curup, DR Honey.

Dijelaskan Honey, untuk 10 peringkat penyakit yang diderita oleh warga rejang lebong yang dilakukan penanganan medis dengan cara rawat jalan yaitu Hipertensi, Diabetes, gangguan lambung, jantung, Stroke, Hernia, DBD, Radang pernafasan dan tipes.

SEdangkan, sambung Dr Honey, untuk urutan peringkat pasien rawat inap yaitu DBD, gangguan lambung, tipes, jantung, kurang darah, Asma dan hipertensi. “Ini terjadi lantaran cuaca Kota Curup yang dingin. Serta pola makan masyarakat yang belum teratur,” ujar Dr. Honey.

Dihimbau kepada warga agar tetap selalu waspada setiap kali cuaca pancaroba atau pergantian cuaca. Biasanya, saat pergantian cuaca, penyakit DBD akan mendominasi terjangkit di tengah masyarakat. “Ini karena nyamuk penyebar DBD akan berkembang pesat saat pancaroba. Jadi harus selalu waspada,” ujar Dr. Honey. (Ifan)