14302973_120300000138754207_2142165501_nBENGKULU, PB – Dalam memaknai hari raya Idul Adha 1437 Hijriah, Pemerintah Kota Bengkulu berkurban 30 ekor sapi sebagai bentuk kepedulian sosial yang di sunnah kan oleh Rasulullah S.A.W, عَنْ الْبَرَاءِ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلَاةِ تَمَّ نُسُكُهُ وَأَصَابَ سُنَّةَ الْمُسْلِمِينَ. Artinya,  “Barangsiapa menyembelih (hewan kurban) setelah Shalat (Ied) maka ibadah kurbannya telah sempurna dan dia telah melaksanakan sunnah kaum Muslimin dengan tepat” (H.R. Bukhari).

Untuk itu, Wali Kota Bengkulu H. Helmi Hasan mengajak seluruh umat muslim untuk memaknai Idul Adha sebagai momen saling berbagi, mengasihi, dan peduli akan sesama. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada peringatan Idul Adha 1437 H di Masjid Akbar At-Taqwa, Anggut Atas, Senin (12/09/2016) pagi.

Di dalam Idul Adha ini Wali Kota juga mengajak agar umat Islam di Kota Bengkulu tidak hanya berkurban hewan, tetapi dapat memakmurkan masjid dan mengerjakan shalat lima waktu. “Ini yang paling kita utamakan, karena amalan yang paling utama di hisab sebelum amalan lainnya yaitu shalat. Shalat adalah tiang agama,” kata Wali Kota.

Menurutnya, hanya melalui meningkatkan keimananlah yang mampu membawa keberkahan bagi suatu kaum. Selain itu, dalam memaknai hari Idul Adha hendaknya setiap umat muslim mampu bersedekah, karena hal tersebut sebagian dari “iman” umat Islam.

“Jika satu kampung atau satu kota ditanami keimanan, maka Insya Allah, Allah akan menurunkan keberkahan di suatu kampung atau suatu kota tadi baik dari langit maupun yang ada di bumi,” ujarnya.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-A’raf Ayat 96, وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ, artinya “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”.

Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid At Taqwa pagi tadi di imami oleh Ustaz H. Syamlan. Tampak juga FKPD, Sekretaris Daerah, para asisten, pejabat eselon II, III, dan IV serta para PNS dan masyarakat. Seusai salat Id, Walikota H. Helmi Hasan mengunjungi Lapas Bentiring, di sana ia berpesan kepada para warga binaan lapas untuk senantiasa bersyukur.

Selanjutnya, Wali Kota memberikan hewan kurban kepada panitia kurban Masjid Ar-Rahman Kelurahan Sidomulyo, dan beberapa masjid lain yang ada di Kota Bengkulu. Dilanjutkan dengan menggelar open house di Balai Kota. (RU/RLS)