dsc_0108BENGKULU SELATAN, PB – Perergantian kepala daerah acap kali diiringi dengan masuknya PNS dari luar daerah. Terlepas ada hubungannya dengan mutasi yang akan digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan (BS), sejak awal tahun 2016 hingga saat ini jumlah PNS dari luar Kabupaten BS yang pindah ke beberapa instansi di bawah naungan Pemkab BS sudah mencapai ratusan orang.

Siap-Siap Mutasi, Timsel Lelang Jabatan di Bengkulu Selatan Terbentuk dan Mutasi Amburadul, DPRD Bengkulu Selatan Bakal Panggil BKD

Ratusan Pegawai Negri Sipil (PNS) tersebut berasal dari beberapa Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Saat ini ratusan PNS tersebut sudah diterima dan berkerja di lingkungan pemkab BS. Baik di sekretariat daerah maupun di SKPD lainnya.

Sekda BS Rudi Zahrial ketika ditemui awaj media di ruang kerjanya Rabu (21/9) tidak menampik hal itu. Menurut Sekda, banyaknya PNS yang pindah tugas tersebut berpengaruh terhadap beban keuangan daerah. Terutama dalam hal penggajian. Yang mana sebelumnya struktur anggaran yang komposisi belanja pegawai (gaji) mencapai 56 persen dari APBD.

Dengan banyaknya PNS yang masuk ini belanja pegawai bisa saja mencapai 60-an persen. “Ratusan PNS yang pindah tugas ke Bengkulu Selatan ini sudah mendapat persetujuan dari Bupati,” ujar Sekda.

Lanjut Sekda, jika dibandingkan dengan PNS yang keluar, maka jumlah PNS yang masuk ke BS lebih banyak. “Jumlah PNS yang keluar dari Bengkulu Selatan hanya 20-an, sedangkan yang masuk mencapai ratusan orang,” pungkas Sekda. (Apdian Utama)