Presiden-Jokowi-2JAKARTA, PB – Presiden Joko Widodo mengajaknegara-negara ASEAN dan PBB untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Hal itu disampaikan Jokowi saat berpidato dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Vientiane, Laos, Kamis (8/9/2016).

“ASEAN dan PBB harus menjadikan masalah Palestina sebagai isu prioritas dan mendukung langkah Palestina mewujudkan kemerdekaan serta mendorong kembali perundingan damai Palestina-Israel berdasarkan two–state solution,” kata Jokowi.

Jokowi menilai, perdamaian dan stabilitas dunia harus diwujudkan dengan mengakhiri konflik yang terjadi di sejumlah negara di Timur Tengah.

“Indonesia sendiri sejak awal telah konsisten menyatakan dukungan pada Palestina,” tegasnya.

Untuk diketahui, KTT ASEAN ini selain diikuti oleh kepala negara dan pemerintahan dari negara-negara anggota, juga dihadiri oleh Sekjen PBB Ban Ki Moon. Ini karena ASEAN dan PBB telah menjalin hubungan kemitraan sejak tahun 1970.

Pada tahun 2007, kedua organisasi menandatangani perjanjian ASEAN-UN Cooperation yang menjadi dasar hubungan kemitraaan di berbagai bidang termasuk politik, ekonomi, sosial budaya serta penyelesaian isu-isu global.

Hal ini diperkuat dengan disepakatinya rencana kerja implementasi Joint Declaration untuk tahun 2016-2020 pada pertemuan 7th ASEAN-UN Summit 2015 di Kuala Lumpur. [GP]