jokowiJAKARTA, PB – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 10 juta turis asal negeri tirai bambu, Tiongkok untuk melancong ke Indonesia. Karena itu, ia minta seluruh warga Indonesia yang ada di negara komunis itu untuk rajin mempromosikan pariwisata tanah air.

“Saya titip seluruh warga yang di sini ikut mempromosikan Indonesia itu adalah negara yang patut dikunjungi,” pinta Jokowi.

Disampaikan Jokowi, Malaysia setahun dikunjungi 24 juta wisatawan dan Thailand dikunjungi 28 juta wisatawan. Smentara Indonesia tahun lalu hanya dikunjungi 9,8 juta wisatawan. Padahal, lanjut Jokowi, Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat yang indah.

Terkait target ini, Jokowi mengaku telah menandatangani perjanjian dengan Presiden RRT Xi Jinping sejak tahun lalu. “Sekarang Manado itu mulai bulan lalu peningkatan turisnya 1.000%. Karena ada direct flight dari 4 provinsi di sini menuju Manado,” paparnya.

Pemerintah, sambungnya, sudah menentukan 10 tempat destinasi wisata baru selain Bali, diantaranya Danau Toba, Morotai, Labuan Bajo, Mandalika, dan Borobudur yang akan terus dikemas baik. Kenapa cuma 10?

Menurut Jokowi, fokusnya tidak perlu banyak-banyak tapi cukup di 10 destinasi itu saja. Pemasarannya akan diperbaiki, masyarakat dipersiapkan, infrastruktur dipersiapkan, dan yang terakhir promosinya akan digencarkan.

“Kemarin kita ketemu Jack Ma (Alibaba), Saya titip di Alibaba promosi tentang Indonesia diperkuat sehingga saya bisa mendapatkan 10 juta khusus dari sini untuk turis betul-betul bisa kita capai,” ungkapnya. [GP]