Banjir luapan Sungai Bangkahulu VIBENGKULU, PB – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Bengkulu. Dimana, BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah ini.

Selain itu, BMKG meminta masyarakat waspada akan dampak dari hujan tersebut. Misalnya, banjir, tanah longsor, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.

“Waspada Hujan Dengan Intensitas Sedang Hingga Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang, Serta Dampak Yang Terjadi Akibat Hujan Tsb Seperti Banjir, Longsor, Dll,” tulis BMKG dalam peringatannya.

Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir turut diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi dengan ketinggian antara 2,5 – 4,0 meter di wilayah Laut Andaman, Perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, Perairan selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa hingga Bali.

Untuk diketahui, potensi hujan lebat di Bengkulu ini terjadi lantaran terdapat belokan dan perlambatan kecepatan angin terdapat di Selat Karimata hingga Papua. Selain itu, kelembaban udara tinggi juga terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan. [GP]