Rekam Data e KTPJAKARTA, PB – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) mengungkapkan pada saat ini aspek perekaman data e-KTP sudah mencapai 90-91 persen. Terbukti dari 259 juta masyarakat yang punya NIK, yang sudah merekam data sebanyak 163 juta jiwa.

“Pergerakan pada bulan ini istimewa, masyarakat banyak yang merekam dan terus dilayani pemerintah,” ujar Direktur jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloah, Selasa (20/9/2016).

Banyaknya masyarakat yang sudah merekam data membuat semakin banyaknya lembaga yang menggunakan data KTP serta Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berbasis tunggal ini. Pada tahun 2015, kata dia, baru 52 lembaga yang ikut serta menggunakan NIK , sedangkan pada saat ini sudah mencapai sebanyak 96 lembaga.

Saat ini, Ditjen Dukcapil Kemendagri juga telah melakukan kerja sama dengan pihak perbankan. Penandatanganan kerja sama ini berguna untuk menciptakan keakurasian data nasabah, mencegah penyalahgunaan data, serta memberikan efisiensi pelayanan kepada nasabah.

“Dengan adanya penandatanganan dengan perwakilan lembaga jasa keuangan ini, memberikan manfaat baik dalam keakurasian data nasabah maupun efisiendi dan meningkatkan layanan kepada nasabah,” kata dia. [GP]