14285719_884355341698159_807587013_oREJANG LEBONG, PB – Lantaran dinilai telah meresahkan warga, Heri Candra (38) Warga Kelurahan Pasar Tengah Kecamatan Curup yang diduga mengalami gangguan kejiwaan atau orang gila akhirnya diamankan petugas Unit Pidana Umum (Pidum) Sat Reskrim Polres Rejang Lebong, senin malam (19/09) sekitar pukul 19.00 WIB.

Rencananya, Heri akan diserahkan kepada pihak Dinas Sosial Rejang Lebong untuk selanjutnya dibawa dan dirawat di RSJKO Bengkulu.

“Memang sempat kita amankan satu malam. Sebab yang bersangkutan mengamuk di pasar Bang Mego. Bahkan sudah memukul salah satu pedagang dan akan melakukan pengrusakan,” ujar Kasat Reskrim Polres Rejang Lebong, AKP Chusnul Qomar SH.S.ik melalui Kani Pidum, Aiptu WRS Gultom SH.

Dijelaskan Gultom, kronologis peristiwa bermula saat petugas mendapatkan laporan adanya perkelahian di wilayah pasar Bang Mego. Petugas lalu mendatangi lokasi. Saat dicek, ternyata bukan perkelahian melainkan orang gila yang sedang mengamuk dan memukul warga. Dengan gesit, petugas lalu mengamankan yang bersangkutan dan di bawa ke Mapolres Rejang Lebong.

“Saat itu, kita langsung menghubungi pihak keluarganya untuk membawa Heri ini kerumahnya. Tetapi, oleh pihak keluarga justru diminta untuk langsung dibawa ke RSJKO Bengkulu saja,” ujar Gultom.

Dikatakan Gultom, menanggapi hal itu, pihaknya lalu menghubungi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk membantu melakukan evakuasi dan menyerahkan Heri ke RSJKO Bengkulu. “Dari keterangan keluarganya, Heri sudah lama mengalami gangguan kejiwaan. Bahkan sudah sering keluar masuk RSJKO ini. Makanya, mereka minta agar Heri kembali di rawat di RSJKO bengkulu,” ujar Gultom.

Pantauan wartawan, Heri dibawa ke RSJKO Bengkulu menggunakan mobil operasional Dinas Sosial. Heri diantar langsung oleh pihak keluarga serta petugas Dinas Sosial ke Bengkulu. (Ifan)