petir dan gunturBENGKULU, PB – Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk masyarakat Bengkulu. Pasalnya, wilayah ini diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir atau guntur dan angin kencang.

BMKG merilis mayoritas wilayah di Provinsi Bengkulu diperkirakan akan berawan. Untuk di Tubei dan Curup, hujan lokal akan melanda wilayah ini. Selanjutnya, Kepahiang akan berkabut. Dan Mukomuko akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Cuaca yang tak jauh berbeda akan terjadi esok hari. Dimana, seluruh wilayah yang ada di Bengkulu akan diselimuti awan tebal. Untuk daerah Tais, diprediksi akan dilanda hujan petir.

Untuk prospek cuaca tiga harian, Bengkulu juga masuk dalam wilayah yang berpotensi hujan lebat. Hal ini lantaran terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Pasifik sebelah utara Papua serta belokan dan perlambatan kecepatan angin terdapat di Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku hingga Papua.
Kelembaban udara tinggi di sebagian besar wilayah di Indonesia. Kondisi ini mendukung proses pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Tak hanya hujan disertai petir, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi untuk Bengkulu. BMKG melansir gelombang di perairan Bengkulu, Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu akan berkisar di ketinggian 2-4 meter. [GP]