makam-pahlawan-rl-iREJANG LEBONG, PB – Taman Makam Pahlawan Rejang Lebong yang berada di Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara setelah sempat terbengkalai sejak 30 tahun silam akhirnya diperbaiki. Bahkan, dalam pembangunan yang dikerjakan oleh CV Linggau Abadi dengan dana APBD Propinsi Bengkulu senilai Rp. 1,92 milyar ini dilakukan perbaikan di sembilan item pekerjaan.

“InsyaAllah, taman makam pahlawan ini sudah dapat dimanfaatkan lagi oleh masyarakat dan pemerintah daerah Rejang Lebong pada awal tahun 2017 mendatang,” ujar Ferry Erwansyah, kontraktor pelaksana CV Linggau Abadi saat ditemui di lokasi, Minggu (30/10/2016).

Dijelaskan Ferry, sembilan item perbaikan yang dilakukan adalah pemasangan lampu tenaga surya, pembuatan lahan parkir, pembuatan gapura, pengecatan, renovasi gedung musium, pembuatan areal halaman dalam, pembuatan areal stand serta pembersihan lokasi.

“75 persen bangunan dilakukan peruhan dan penambahan gedung atau bangunan baru. Tetapi ada yang tidak dirubah, yaitu 95 makam pahlawan yang ada di bagian dalam taman ini,” ujar Ferry.

Dikatakan Ferry, hingga saat ini progres fisik pekerjaan sudah mencapai sembilan persen dari total pekerjaan yang ada.

“Taman makam pahlawan ini adalah salah satu lokasi wisata sejarah yang ada di Rejang Lebong. Sehingga, harus dirawat dengan baik nantinya. Baik oleh pemerintah maupun warga sekitar,” ujar Ferry. [Ifan]