alat-pertanian-yang-akan-dibagikan-di-rl-1REJANG LEBONG, PB – Jika tidak halangan, Selasa (18/10/2016), Dinas Pertanian Rejang Lebong akan membagikan 41 unit alat pertanian kepada kelompok tani yang ada di 15 kecamatan di Rejang Lebong. Rinciannya, will traktor roda empat sebanyak dua unit, handtraktor sebanyak 15 unit, pompa air sebanyak 15 unit dan rice transplanter sebanyak sembilan unit.

“Pembagian akan dilakukan oleh Bupati Rejang Lebong di lokasi wisata Danau Mas Harun Bastari di Kecamatan Selupu Rejang,” ujar Norman Sp, Kepala Bidang Perlindungan Tanaman pada Dinas Pertanian Rejang Lebong di ruang kerjanya, Senin (17/10/2016).

Dikatakan Norman, alat pertanian ini diharapkan dapat menunjang program swasembada beras di Kabupaten Rejang Lebong yang ditunjang menggunakan alat-alat pertanian modern.

“Dengan bantuan alat ini, petani akan lebih mudah memproduksi beras. Sehingga dapat mencukupi kebutuhan beras bagi warga Rejang Lebong dan kabupaten sekitar,” ujar Norman.

Dilain sisi, Norman menghimbau agar warga petani yang memiliki lahan sawah di kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup, Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup selatan dan Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara agar tidak melakukan alih fungsi lahan persawahan menjadi pemukiman. Sebab, kata dia, ketiga lokasi itu merupakan sentral padi bagi Rejang Lebong.

“Sekarang ini, kita sedang menggodok Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk menanggulangi aksi alih fungsi lahan,” tutup Norman. [Ifan]