soleh-dialog-di-betvBENGKULU, PB – Ketua DPD RI M Saleh meminta kepada Kepala-kepala Daerah di Provinsi Bengkulu untuk senantiasa proaktif dalam mengusulkan program pembangunan kepada pemerintah pusat. Sebagai putra daerah yang telah diberikan amanah untuk memimpin lembaga tinggi negara, ia berkomitmen untuk membesarkan Provinsi Bengkulu dengan jabatan yang ia miliki.

“Besar harapan kami agar pemerintah daerah dapat segera berkoordinasi dengan kami. Kami jangan dipandang sebelah mata. Kami akan membantu sepenuhnya program-program pemerintah daerah agar bisa tembus dipusat. Tapi kami tidak mungkin memperjuangkan¬†kepentingan daerah¬†ke pemerintah pusat tanpa ada usul dari daerah. Kepala daerah harus lebih proaktif,” kata M Saleh saat berdialog di BETV, Rabu (19/10/2016).

Ia menjelaskan, kemajuan Bengkulu sangat bergantung dengan kekompakkan semua elemen. Baik DPD RI, DPR RI, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Ia optimis bilamana semua lembaga ini dapat dikoordinir dengan baik, maka pembangunan di Bengkulu akan berkembang dengan pesat.

“Tapi semua itu harus dikoordinir dengan baik. Amanah yang saya pegang ini adalah kesempatan karena sekarang kita memiliki akses yang lebih luas. Selama usulan-usulan daerah itu mengandung kebaikan untuk rakyat, tentu pusat bersedia untuk memberikan anggaran. Ini akan kita perjuangkan. Meski tidak bisa instan karena saya juga harus berjuang untuk Indonesia,” paparnya.

Senada disampaikan anggota Komite II DPD RI, Riri Damayanti John Latief. Ia mengungkapkan, suatu kali ia pernah mengusulkan kepada menteri agar jalan lintas dari Kabupaten Lebong ke Provinsi Jambi dibangun. Namun oleh menteri, Riri diminta untuk menggandeng kepala daerah untuk proaktif dalam memperjuangkan program tersebut.

“Waktu juga disampaikan kendalanya hutan lindung. Kemudian kita diminta untuk melakukan survei tentang asas manfaatnya. Peluangnya tentu ada. Tapi kepala daerah harus berjuang untuk mendapatkannya. Itu pesan Menteri Siti Nurbaya kepada kami,” demikian Riri.

M Saleh ke Bengkulu dalam rangka kunjungan kerja. Kamis (20/10/2016), ia dijadwalkan akan memberikan kuliah umum di Universitas Bengkulu (UNIB). Malam harinya, ia akan melakukan ramah tamah dengan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti di Gedung Daerah. [AM]