bappeda-rl-tinjau-usaha-kopi-2REJANG LEBONG, PB – Bappeda Rejang Lebong, Kamis pagi (27/10/2016) melakukan kunjungan ke empat lokasi usaha bubuk kopi yang berada di Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) dan Sindang Beliti Ulu (SBU).

Ini dilakukan sebagai upaya persiapan mengikuti diklat dari LIPI pengembanagan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang akan berlangsung di Subang Jawa Barat 8 hingga 11 November 2016 mendatang.

“Empat lokasi usaha kopi bubuk ini ada di Desa Karang Pinang, Desa Tanjung Heran, Desa Balai Butar dan Desa Lubuk Belimbing 1,” ujar Kepala Bappeda Rejang Lebong, Ir Zulkarnain MT usai melakukan kunjungan.

Rencananya, sambung Zulkarnain, empat kelompok usaha kopi ini akan mendapatkan pembinaan langsung dari LIPI. Tujuannya, pengembangan usaha kecil menjadi menengah dan usaha menengah menjadi skala besar.

“Sekaligus untuk mencari pangsa pasar hasil olahan kopi bubuk asli yang dikelola masyarakat setempat,” ujar Zulkarnain.

Dikatakan Zulkarnain, empat kelompok ini masih melakukan pengolahan kopi dari biji kopi menjadi kopi bubuk dengan alat sederhana. Bahkan sejumlah proses pengolahan masih dilakukan secara manual.

“Saya harap, setelah menjadi binaan dari LIPI maka produk kopi olahan empat┬ákelompok ini dapat menjadi ikon bagi Rejang Lebong nantinya,” harap Zulkarnain. [Ifan]

bappeda-rl-tinjau-usaha-kopi-1 bappeda-rl-tinjau-usaha-kopi-3