amin-kurnia-1BENGKULU, PB – Sesaat lagi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu bakal melaksanakan program pembangunan kesehatan melalui pendekatan keluarga.

Program dari Kementerian Kesehatan RI ini terealisasi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN yang ditujukan untuk membangun keluarga sehat pada tahun 2017 mendatang.

Kongkritnya, program ini akan membuat pos pelayanan kesehatan akan meningkat dan Pusat-pusat Kesehatan Masyarakat (PUskesmas) akan lebih proaktif untuk mendata kesehatan keluarga yang ada di Bengkulu.

“Program ini sangat dibutuhkan untuk kebaikan masa depan anak-anak kita,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Amin Kurnia, Jum’at (14/10/2016).

Ia menjelaskan, program ini diperlukan bagi ibu yang mengandung hingga anaknya itu lahir dan mencapai usia emas. Ibu-ibu hamil, lanjutnya, akan mendapatkan pelayanan terpadu.

“Sementara anak-anak akan mendapatkan asupan gizi hingga imunisasi bagi setiap bayi,” terangnya.

Kemudian, sambung Amin Kurnia, kegiatan pemberdayaan masyarakat juga akan ditingkatkan kembali. Bersama Kementerian Sosial RI, Dinkes Provinsi Bengkulu juga akan kembali mendata keluarga miskin yang memerlukan pengobatan gratis.

Baca juga : Data BPJS Kesehatan Perlu Pembenahan

“Dengan kegiatan seperti ini upaya promotif dan preventif diharapkan dapat lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Termasuk pendataan untuk warga miskin akan diperbaiki karena sekarang masih banyak yang rancu,” demikian Amin Kurnia. [RU]