inseminasi-sapi-di-rejang-lebong-1REJANG LEBONG, PB – Tahun anggaran 2016, Pemerintah Daerah Rejang Lebong melalui Dinas Peternakan dan Perikanan terus memacu program inseminasi Buatan (IB) ternak sapi. Bahkan dari 4100 IB yang ada, 75 persen telah diserap oleh peternak sapi yang tersebar di 15 kecamatan yang ada.

“Kesadaran peternak sapi kita akan penggunaan IB sebagai salah satu cara pengembangan ternak sapi cukup baik. Dan ini akan terus kita gencarkan,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan perikanan Rejang Lebong, Ir Amrul Eby, Senin (17/10/2016).

Sementara itu, 4100 IB yang diperbantukan kepada para peternak sebagian besar berasal dari APBN. Rinciannya, 2100 dosis dari APBN, 500 dosis dari APBD Rejang Lebong dan 1500 dosis sisa IB tahun 2015 lalu.

“Hampir seluruh program bantuan untuk ternak kita berikan sapi betina. Sebab, untuk pengembangan tidak perlu lagi sapi jantan, ” ujar Eby.

Sedangkan, untuk pemberian bantuan induk ternak sapi tahun anggaran 2016 hanya diberikan kepada dua kelompok tani saja. Satu kelompok tani hanya diberi 2 ekor sapi betina jenis sapi Bali.

“Tiap tahun, bantuan induk sapi ini selalu kita berikan secara bergilir kepada kelompok ternak binaan kita. Terbanyak berada di Kecamatan Selupu Rejang,” ujar Eby. [Ifan]