ist-rumah-tanpa-dp-pemkotBENGKULU, PB – Program seribu rumah untuk PNS dan Guru Kota Bengkulu yang pada tahap pertama ini telah dibangun 300 unit di Bumi Ayu akan dilengkapi berbagai fasilitas yang berkelas dari Kementerian Perumahan Umum dan Permahan Rakyat (PUPR). Hal ini disampaikan oleh Plt. Kadis PU Kota Bengkulu Syafriandi dalam acara penandatanganan akad kredit PNS pembeli rumah dan wawancara para pemohon program seribu rumah di Hotel Latansa, KM 9, Kamis (20/10/2016).

Dalam acara yang juga menghadirkan perwakilan dari Dirjen pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Direktorat Pelaksana Bapertarum, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Pimpinan Bank BTN Bengkulu serta Direktur PT Pondok Kharisma Permai sebagai developer, disebutkan ke depan kawasan ini akan menjadi kawasan kota mandiri.

“Lokasi perumahan di Bumi Ayu yang sudah pada tahap pembangunan ini nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas dan infrstruktur yang disupport oleh Kementerian PUPR dan juga Pemerintah Kota Bengkulu,” kata Plt Kadis PU Kota Bengkulu, Syafriandi.

Infrastruktur yang akan dibangun, lanjutnya, adalah jalan lingkungan, ruang terbuka non hijau (lapangan olahraga), tempat ibadah, penerangan jalan umum, sarana air minum, dan tempat pengolahan sampah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon, M.Pd saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa Pemerintah Kota Bengkulu benar-benar memikirkan nasib PNS Kota Bengkulu terkhusus golongan rendah. “Pemkot Bengkulu benar-benar memikirkan PNS Kota yang belum memiliki rumah. Jangan ragu-ragu untuk mengambil rumah tersebut, karena semua disubsidi oleh Kementerian PUPR dan Bapertarum,” ujar Marjon.

Marjon juga mengatakan, dengan berbagai dukungan dari pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Bengkulu, semoga rumah ini dapat membawa keberkahan bagi PNS dan Guru yang telah menghuninya.

Dari data yang berhasil dihimpun, sekitar 200an pemohon rumah tanpa (DP) Down Payment ini sejak pagi hingga siang tadi telah melakukan kelengkapan administrasi, dan telah dilakukan sesi wawancara oleh pihak Bank BTN. Kesemua berkas yang telah masuk kemudian akan dilakukan verifikasi oleh BTN, bagi yang telah lewat verifikasi kemudian akan segera diproses untuk dilakukan akad kredit rumah tipe 36 dengan luas tanah 10 Meter x 15 Meter.

Di antara yang menjadi prioritas untuk penerima program ini adalah PNS golongan rendah yakni golongan I, golongan II, dan golongan III. Belum pernah memanfaatkan pembiayaan rumah dari Bapertarum dan telah menjadi PNS minimal 5 tahun. Untuk bantuan yang akan diterima berjumlah Rp. 9,8 Juta. Dengan rincian Rp. 4 Juta dari Kementerian PUPR dan Rp. 5,8 Juta (khusus golongan III) dari Bapertarum. [rilis/humas]